Free Software Open Source Software

Dua Peramban Meluncur Awal September: Firefox 62.0 dan Tor Browser 8.0

September ceriaaaa! Mengawali pekan awal di bulan ke sembilan, organisasi Mozilla mengumumkan rilis final gres: peramban Firefox 62.0. “Terima kasih kepada semua Mozzilian baru yang berkontribusi pada rilis Firefox!,” begitu ungkapan ceria Mozilla setiap rilis baru terbit.

Sebagai rilis mayor, Firefox 62.0 menghadirkan cukup banyak fitur baru, berikut penyempurnaan fitur yang sudah dibenamkan pada rilis sebelumnya. Firefox 62.0 telah meningkatkan halaman Firefox Home yang mengizinkan pengguna menampilkan hingga 4 baris konten, baik konten laman unggulan (top site), cerita Pocket (Pocket stories), maupun konten sorotan (highlights). Para penikmat fitur Container, rilis ini membawa opsi menu tab baru untuk membuka ulang Container layaknya membuka ulang (reopen) tab biasa.

Firefox

Dukungan CSS Shapes hadir di sini. “(CSS Shapes) memperkenankan pengatakan laman web yang lebih kaya. Fitur ini berjejeran dengan fitur anyar Shape Path Editor pada inspektor CSS,” jelasnya. Sertifikat Symantec makin terancam di 62.0. Mozilla telah membenamkan opsi preferensi untuk menghapus kepercayaan sepenuhnya sertifikat Symantec. Opsi ini dapat diaktifkan melalui about:config kemudian masukkan nilai 2 pada security.pki.distrust_ca_policy.

Di samping pembaruan umum untuk segala platform, Firefox 62.0 juga membenamkan pembaruan khusus untuk FreeBSD dan Windows. Pada FreeBSD, peramban ini menambahkan dukungan WebAuthn sedangkan pada Windows, ia meningkatkan perenderan grafik menggunakan Parallel-Off-Main-Thread Painting.

Tanpa perlu menunggu kehadirannya di distribusi GNU/Linux, Anda dapat mengunduh berkas binary siap pakai melalui mozilla.org.

Di hari yang sama, Tor Project meluncurkan rilis mayor peramban Tor Browser 8.0. Rilis yang spesial karena ia berbasiskan Firefox 60 ESR alias Firefox Quantum pertama.

Tor Browser 8.0 hadir dengan halaman Onboarding baru, pembaruan Bridge Fetching, dukungan bahasa lokal yang lebih banyak (termasuk bahasa Indonesia), dsb. Untuk mengunduh berkas binary Tor Browser, silakan simak torproject.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Dua Peramban Meluncur Awal September: Firefox 62.0 dan Tor Browser 8.0

  1. Rania Amina says:

    Dukungan untuk layar sentuhnya masih nganu 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top