BSD

DragonFlyBSD 5.2.2 Benamkan Mitigasi Spectre/Meltdown, Tambal Lazy State Save/Restore

Proyek sistem operasi BSD bernama dan berlogo capung belum lama ini meluncurkan rilis termutakhir: DragonFlyBSD 5.2.2. DragonFlyBSD adalah sistem operasi yang memiliki basis ideal UNIX dan API yang sama (seperti BSD lain dan GNU/Linux) dan, layaknya BSD lain, ia membawa kode turunan dari sistem operasi BSD generasi lawas.

Satu keunikan DragonFlyBSD yang patut untuk dicoba adalah sistem berkas HAMMER. Pengembang menyebut HAMMER sebagai sistem berkas dengan performa tinggi nan modern dengan fitur pencerminan (mirroring) dan akses historik.

DragonflyBSD

DragonFlyBSD 5.2.2 merupakan milestone rilis minor yang sangat penting karena telah membenamkan mitigasi Spectre dan Meltdown serta membenamkan perbaikan kerentanan CVE-2018-3665 (Lazy State Save/Restore) dan kerentanan CVE-2018-8897.

Pengembang menyebut, pada DragonFlyBSD 5.2.2, mitigasi Meltdown aktif secara otomatis jika perangkat pengguna menggunakan CPU Intel. Berbeda dari mitigasi Spectre yang perlu diaktifkan secara manual melalui sysctl. Di samping penambahan mitigasi, rilis ini juga membawa peningkatan performa dan pembenahan bug pada berkas HAMMER2. Kini, pengembang sudah cukup percaya diri untuk merekomendasikan sistem berkas ini sebagai sistem berkas root bawaan pada mode non-clustered.

DragonFlyBSD 5.2.2 juga memperbarui fitur ipfw dan menambahkan dukungan GPU Intel Coffeelake pada driver kernel drm/i915.

Untuk memutakhirkan sistem operasi DragonFlyBSD ke rilis ini, silakan ikuti tata cara yang dituliskan pada laman ini. Namun, jika kamu lebih tertarik mengunduh citranya, silakan kunjungi dragonflybsd.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top