Review

DistroTest.net, Mencoba Beragam Distribusi GNU/Linux Tanpa Repot Unduh ISO

Bulan Januari, Andi memasang Ubuntu karena dia ingin menikmati distribusi yang katanya ramah pemula dan komunitasnya sangat besar sehingga ia dapat bertanya dengan mudah jika menemukan kesulitan. Hanya berselang tiga minggu dia merasa bosan dan kemudian menimpa instalasi Ubuntu dengan openSUSE karena penasaran dengan YaST-nya.

Betah selama satu bulan, Maret, dia memutuskan untuk memasang Arch Linux karena terpengaruh dengan laman wiki-nya yang superior dan dia sudah merasa mampu untuk koprek sana koprek sini serta melakukan troubleshoot sendiri jika mengalami masalah. Ternyata dia tidak betah. Kurang tantangan, begitu katanya. Dia pun akhirnya mencoba Gentoo, Slackware, dst.

Ada yang familiar dengan kisah tersebut? Saat itu Andi sedang menjadi distrohopper dan itu bukanlah masalah. “Masalahnya” adalah Andi harus selalu cermat mengatur sebuah partisi penting agar tidak ditimpa saat memasang distribusi baru dan harus rutin menyadangkan sistem. Selain itu, dia juga harus mengunduh citra ISO distribusi GNU/Linux dan membakarnya ke media CD/DVD atau flashdisk untuk menggunakannya. Repot.

Berdasarkan kasus yang dialami Andi, apabila Anda ingin mencoba terlebih dahulu bagaimana lingkungan distribusi GNU/Linux tertentu tanpa merasa repot harus mengunduh ISO untuk dijajal secara live, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan DistroTest.net.

DistroTest.net

Apa itu DistroTest.net?

DistroTest.net adalah sebuah laman yang menyediakan layanan untuk menjajal beragam distribusi GNU/Linux melalui VNC atau Virtual Network Computing. Laman yang didirikan oleh Klemann Andy ini bertujuan menjawab dengan cepat pertanyaan calon pengguna untuk menentukan distribusi apa yang cocok untuk mereka, antar muka apa yang cocok untuk mereka, dan konfigurasi mana yang mereka miliki. Tiga pertanyaan ini merupakan musabab dituliskannya filosofi DistroTest.net.

Kami ingin mengeliminasi tiga atau lebih pertanyaan seperti itu. Kami ingin memberikan setiap pengguna — administrator server, pemrogram, atau pengguna akhir — sebuah kemungkinan untuk menemukan sistem operasi terbaik untuk mereka, kata pendiri proyek.

Sampai artikel ini ditulis, DistroTest.net menyediakan 190 sistem operasi yang mayoritas didominasi oleh GNU/Linux. Sistem operasi BSD ada juga di sini; FreeBSD, NetBSD, dan DragonFlyBSD.

Menggunakan DistroTest.net

Untuk menjajal distribusi GNU/Linux atau sistem operasi BSD silakan langsung kunjungi DistroTest.net. Cari sistem operasi yang ingin dicoba dengan fitur Ctrl+f melalui peramban.

DistroTest.net sedikitnya menyediakan satu versi di setiap sistem operasi yang disediakan, contohnya ia menyediakan BlankOn X Tambora dan BlankOn 11.0.1 serta Ubuntu 18.04 dan 17.10, sedangkan mereka hanya menyediakan satu versi Slackware saja (14.2).

DistroTest.net

Mencoba BlankOn

Kunjungi distrotest.net/BlankOn untuk mencoba BlankOn melalui DistroTest.net. Pilih salah satu versi, lalu klik start. Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul keterangan semacam:

System started since: 2018.08.01 03:52
Maximum remaining time: 33:18 minutes
Last Server log entry: Preparing for start... DONE

If no window has opened yet, pleas click here:
[Open VNC-Viewer]

Alternatively, you can connect to a VNC client:
Server: distrotest.net
Port:5926

Jika sistem operasi Anda telah terinstal klien VNC dan sudah terset sebagai VNC Viewer utama, klik saja tombol Open VNC-Viewer. Anda juga dapat menjalankan klien VNC secara manual, contohnya TigerVNC (dapat dipasang melalui manajer paket).

DistroTest.net TigerVNC

Buka TigerVNC lalu ketikkan distrotest.net:5926 (perhatikan nomor portanya, sesuaikan dengan keterangan sebelumnya). Lalu klik Connect. QEMU akan melakukan booting sistem operasi yang Anda pilih.

DistroTest.net BlankOn
DistroTest.net BlankOn

Bila sudah selesai, pencet tombol System stop pada bagian atas halaman yang dikotaki warna merah.

DistroTest.net

Cara di atas dapat diterapkan untuk mencoba semua sistem operasi yang disediakan oleh DistroTest.net.

Konklusi

Navigasi laman sangat sederhana dan mudah dimengerti, sila cek sendiri pada Main Menu. Terdapat menu New Systems yang menampilkan versi sistem operasi yang baru saja didukung. Pengembang pun terbuka, pengguna yang ingin mencoba sistem operasi tertentu tetapi belum disediakan oleh DistroTest.net dapat menghubungi pengembang via surel support at distrotest dot net.

DistroTest.net sangat saya rekomendasikan kepada para petualang distribusi. Karena menggunakan teknologi remot desktop, sumber daya memori yang dipakai tidak dibebankan pada perangkat pengguna, sehingga saat pengguna mencoba mem-booting Ubuntu dengan desktop GNOME yang cukup rakus memori, komputer Anda tetaplah aman. Koneksi internet dan konfigurasi desktop adalah kunci cepat tidaknya sistem operasi yang dicoba melalui koneksi VNC DistroTest.net.

(Terima kasih @klanjabrik)

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “DistroTest.net, Mencoba Beragam Distribusi GNU/Linux Tanpa Repot Unduh ISO

  1. Your Name says:

    Tararengkyu mhank

  2. Trisno says:

    Top mas, saya nyoba BlankOn dari ponsel bisa juga

  3. Mochamad Boval says:

    Saya barusan coba dan benar seperti kata agan Trisno bisa juga dibuka melalui smartphone.

    Kekurangannya adalah masih ada ISO yang belum terupdate, contohnya Kubuntu 18.04 masih ISO beta 1, dan ketika saya coba yg terbuka tampilan command line.

    Tapi yg menarik saat saya buka Task Manager/System Monitor untuk lihat penggunaan RAM, hasilnya kurang lebih sama seperti saat Live CD. Contohnya Linux Mint 19 Cinnamon sekitar 665 MB, Xubuntu 18.04 sekitar 315 MB, dan BlankOn sekitar 1,3 GB (btw, saya belum pernah coba BlankOn, emang segitu ya penggunaan RAM-nya?). Ini tentunya membantu banget untuk cari tau distro yang diinginkan udah sesuai sama spek PC atau belum, dan pastinya bisa hemat kuota karena gak perlu download ISO-nya.

    Terima kasih artikelnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top