Distro Kali Linux

Distro Bukan ‘Tuk Pemula, Kali Linux 2018.2 Hadir, Benamkan Mitigasi Spectre dan Meltdown

Proyek distribusi GNU/Linux untuk para penguji keamanan sistem, Kali Linux, meluncurkan rilis anyar 2018.2. Tahun ini, Kali Linux telah menerbitkan pembaruan pertamanya pada bulan Februari 2018 dengan nomor rilis 2018.1, 2018.2 adalah rilis pembaruan kedua yang semakin memantapkan versi sebelumnya.

Kali Linux

Kali Linux 2018 meluncur dengan kernel Linux 4.15 yang di dalamnya terdapat patch mitigasi kerentanan Spectre dan Meltdown untuk arsitektur x86 dan x64 (x86_64). Spectre dan Meltdown adalah kerentanan perangkat keras yang heboh pada awal tahun ini. Sebagian besar distribusi mayor telah membenamkan patch mitigasi beberapa bulan lalu, tetapi tidak dengan Kali Linux yang baru melakukannya pada rilis ini.

Selain menyediakan mitigasi Spectre dan Meltdown, kernel Linux 4.15 yang dibenamkan pada rilis ini membawa dukungan AMD GPU yang lebih baik serta dukungan AMD Secure Encrypted Virtualization yang berfungsi untuk mengenkripsi memori mesin virtual sehingga hipervisor tidak dapat mengaksesnya.

Tidak hanya meningkatkan versi kernel, Kali Linux 2018.2 juga mempermudah akses skrip Metasploit serta memperbarui paket-paket yang setipe dengannya, termasuk Reaver, Bloodhound, Burp Suite, Hashcat, PixieWPS, dll.

Kali Linux adalah distribusi rilis bergulir dan 2018.2 merupakan rilis pembaruan ISO. Dengan demikian, apabila sudah memakai 2018.1 dan ingin memutakhirkannya ke 2018.2 cukup jalankan perintah:

# apt update && apt full-upgrade

Berbeda jika ingin memasang Kali Linux terkini di komputer baru, tentu citra Kali Linux 2018.2 akan bermanfaat. Sila unduh citra tersebut melalui www.kali.org/downloads/. Untuk dicatat, Kali Linux bukanlah distribusi untuk pemula.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Distro Bukan ‘Tuk Pemula, Kali Linux 2018.2 Hadir, Benamkan Mitigasi Spectre dan Meltdown

  1. wuryanta says:

    saya masih pengguna ubuntu dari 2006 sampai sekarang masih pakai ubuntu 16.04 lte

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top