Distro

Distribusi KDE Neon Mulai Diperbarui dengan Basis Ubuntu 18.04 Bionic Beaver

KDE memiliki proyek distribusi GNU/Linux sendiri yang diturunkan dari Ubuntu dan dinamakan sebagai KDE neon. Errr …​ sebenarnya bukan distribusi GNU/Linux, tetapi lebih ke repositori karena KDE hanya memelihara lingkungan KDE tidak dengan kernel, toolchain, serta komponen standar sistem operasi yang ada di dalamnya.

Setelah proyek Ubuntu menerbitkan rilis 18.04 LTS Bionic Beaver, mayoritas distribusi turunannya mulai menelurkan rilis baru berbasis versi tersebut, termasuk KDE neon. “Dengan kehadiran Ubuntu 18.04 LTS, inilah waktu untuk me-rebase paket-paket Neon berbasiskan rilis tersebut,” terang pengembang.

KDE neon

Pengembang telah mengompilasi ulang paket-paket esensial edisi Git Unstable ke basis 18.04 Bionic Beaver dan kini mereka sedang sibuk memutakhirkan perkakas penginstal. KDE neon memiliki empat edisi; User Edition yang menggunakan KDE stabil terkini, User LTS Edition yang menggunakan KDE LTS terkini, Git-Unstable (khusus pengembang) yang menggunakan kode KDE git terkini, dan Git-Stable (khusus pengembang) yang menggunakan kode KDE git siap rilis. Saat kabar ini diturunkan, untuk sementara, edisi User LTS Edition dihapuskan dari neon.kde.org/download.

Saat KDE neon berhasil di-rebase ke Ubuntu 18.04, distribusi GNU/Linux akan memperoleh kernel 4.15, OpenJDK 10, systemd-resolved sebagai resolver DNS bawaan, dsb.

Bagi pengguna KDE neon perlu menunggu beberapa waktu sebelum mereka mendapatkan pembaruan banyak paket berbasis Bionic Beaver. Tenang, sebelum itu, mereka akan tetap memperoleh pembaruan paket berbasis Ubuntu 16.04 LTS. Silakan nikmati terlebih dahulu.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top