Berita

Diakuisisi Oleh EQT dengan Nilai 2 Trilliun Dollar, SUSE Akan Jadi Bisnis Independen

Perusahaan perangkat lunak SUSE mencapai milestone yang mengubah hidup mereka. SUSE diakuisisi oleh EQT Partner, sebuah firma pribadi dari Swedia dengan nilai 2,5 triliun dollar Amerika dari pemilik sebelumnya—​Micro Focus.

SUSE adalah perusahaan tertua yang bergerak di bidang per-Linux-an dengan lebih dari 1.400 karyawan tersebar di seluruh dunia. Pendapatan SUSE yang sehat merupakan salah satu alasan mengapa EQT tertarik untuk mengakuisisi perusahaan tersebut, apalagi EQT juga akan menjadi entitas yang memiliki peran penting di jagat FLOSS (Free/Libre Open Source Software) terutama di bidang awan, IoT, dan enterprise.

“Bersama dengan EQT kita akan diuntungkan dengan kesempatan berinvestasi lebih lanjut dan memiliki kontinuitas kepemimpinan yang fokus mengamankan pendapatan yang terus tumbuh dalam jangka panjang, dikombinasikan dengan fokus pada pelanggan dan kesuksesan rekanan,” kata CEO SUSE, Nils Brauckmenn.

Di bawah kepemimpinan Nils Brauckmenn dan kepemilikan Micro Focus, SUSE dioperasikan sebagai bisnis yang semi independen. Pada kepemilikan EQT nanti, SUSE akan beroperasi sebagai bisnis independen, sesuai dengan keinginan mereka untuk memperkuat posisi penyedia perangkat lunak open-source.

SUSE, selama ini, menjadi perusahaan yang “itu itu saja”, tak jauh bergerak dibandingkan dengan Red Hat, Canonical, dan perusahaan lain yang menjadi pemain besar layanan as-a-service. Pengakusisian ini menjadi harapan baru bagi SUSE untuk terus berkembang dan kompetitif.

Pengaruh terhadap openSUSE?

Membicarakan SUSE berarti juga membahas bagaimana nasib distribusi GNU/Linux openSUSE. Terima kasih kepada Richard Brown, chairman openSUSE, yang telah mengabarkan bahwa pengakuisisian tersebut tak akan berpengaruh pada openSUSE. “SUSE tak akan mengubah hubungan antara perusahaan dan proyek openSUSE,” jelas Richard Brown.

openSUSE

“SUSE tetap berkomitmen mendukung komunitas openSUSE, yang memiliki peran membantu kesuksesan SUSE, yang diharapkan berlanjut di bawah kemitraan baru dengan EQT.”

Sejarah pengakuisisian SUSE

Sejak diakuisisi oleh Novell pada tahun 2003 dengan nilai 210 juta dollar, mereka diakusisi oleh Attachmate Group dengan nilai 2,2 pada tahun 2010. Attachmate Group merger dengan Micro Fockus dan membentuk Micro Focus Group pada tahun 2014 dengan nilai 2,35 triliun dollar. Setelah itu, Micro Focus merger dengan bisnis perangkat lunak Hewlet Packard Enterprise pada tahun 2017.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top