Distro Slackware

Di Repositori Testing “AlienBOB”, KDE Plasma 5.13 Tersedia untuk Slackware

Sudah sangat lama, KDE4 berdiam diri tak tergantikan di repositori Slackware. Patrick Volkerding benar-benar sangat berhati-hati untuk meningkatkan versi mayor dari komponen Slackware dan dipertahankannya desktop environment KDE4 merupakan salah satu “hasil” dari kehati-hatian tersebut.

Namun, karena hal seperti itu, pengguna Slackware harus mau sedikit repot jika ingin menggunakan KDE Plasma 5 sebagai desktop sehari-hari. Berterimakasihlah kepada Eric Hameleers alias alienBOB yang selama ini menyediakan repositori pihak ketiga ktown yang memuat KDE Plasma beserta aplikasi-aplikasi pendukungnya. Selain menyediakan KDE Plasma 5 untuk pengguna Slackware, ktown juga ditujukan untuk “membantu” Patrick Volkerding apabila sewaktu-waktu ingin meningkatkan paket KDE ke versi terkini.

Slackware

Hadirnya KDE Plasma 5.13 menjadi hal menggalaukan bagi alienBOB karena statusnya bukanlah rilis LTS (rilis LTS adalah KDE Plasma 5.12). AlienBOB menduga Patrick akan memilih KDE Plasma 5.12 jika sewaktu-waktu memasukkannya ke Slackware stable karena status LTS-nya, di saat yang sama ia ingin menyediakan KDE Plasma 5.13 di ktown.

Sebagai jalan tengah, alienBOB tak akan menaikkan versi KDE Plasma 5.12 pada repositori ktown stable tetapi akan kembali mengaktifkan repositori testing dengan KDE Plasma 5.13 sebagai isinya. Oleh sebab itu, bagi pengguna KDE Plasma di Slackware yang tidak ingin diribetkan dengan kemungkinan ketidakstabilan desktop, bertahan dengan repositori ktown stable adalah pilihan jitu, sebaliknya jika ingin mencicipi desktop terkini dengan konsekuensi desktop yang kurang stabil karena masalah paket Qt5 yang bentrok, menggunakan ktown testing adalah pilihan menarik.

Ktown sediakan KDE Plasma 5.12.5

Bersamaan dengan pengumuman itu, alienBOB juga menyampaikan bahwa repositori ktown stable telah membenamkan KDE Plasma 5.12.5 (masih tetap sama seperti sebelumnya), KDE Frameworks 5.47, dan KDE Applications 18.04.2, yang berjalan di atas Qt 5.9.6.

Silakan ikuti berkas README ini bila ingin memasang KDE Plasma 5.12.5 dan README ini bila ingin memasang KDE Plasma 5.13 di Slackware.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top