Free Software Open Source Software

Di LibreOffice Conference 2018, LibreOffice 6.1.2 Diluncurkan

Selama empat hari—​sejak Selasa 25 September, sampai Jumat 28 September, kemarin The Document Foundation (TDF) mengadakan LibreOffice Conference 2018. LibreOffice Conference adalah acara akbar yang mempertemukan pengembang, kontributor, dan pengguna pengolah dokumen LibreOffice serta, tentu saja, pegiat Open Document Format (ODF).

LibreOffice Conference 2018 diselenggarakan di kota tersibuk se-Albania, Tirana. Seperti konferensi pada umumnya, acara LibreOffice Conference 2018 terdiri dari beragam Talk yang disampaikan oleh pengguna maupun kontributor LibreOffice, kecuali hari Selasa yang hanya ada satu acara: rembuk komunitas L10N (lokalisasi atau pelokalan) dan pemasaran. Di “sela” acara yang diadakan selama empat hari itu, tim pengembang mengumumkan ketersediaan rilis minor anyar, LibreOffice 6.1.2.

LibreOffice

“The Document Foundation mengumumkan LibreOffice 6.1.2, rilis minor kedua dari keluarga LibreOffice 6.1, ditargetkan untuk pengadopsi awal, pegiat teknologi, dan pengguna mahir,” tulis Italo Vignoli. “Rilis baru ini disampaikan di LibreOffice Conference 2018, di Tirana, ibu kota Albania.”

LibreOffice 6.1.2 hadir dengan 70 perbaikan bug dan regresi yang ditemukan pada rilis-rilis sebelumnya. Perbaikan di rilis minor ini pun relatif kecil sehingga hanya membutuhkan satu RC sebelum ia diperkenalkan di Tirana. Tujuh puluh pembenahan di antaranya dapat ditemukan pada dialog ekspor PDF, glitch saat instalasi fon EmojiOneColor, dukungan DOCX, RTF, dan bug-bug yang tersebar pada LibreOffice Writer dan Calc.

Rilis anyar ini, selain dapat diunduh via repositori GNU/Linux (jika tersedia), dapat diunduh melalui www.libreoffice.org/download/ dalam format DEB dan RPM. Tarball juga tersedia untuk dikompilasi sendiri. Apabila berkas AppImage sudah tersedia, Anda juga dapat menggunakan langsung LibreOffice tanpa perlu repot menjalankan manajer paket (keterangan lengkapnya dapat dibaca di artikel kami sebelumnya).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top