Free Software Open Source Software

Di Krita Sprint 2018, Pengembang Tingkatkan Dukungan Wacom pada KCM

Proyek pengembangan perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source (FLOSS) memiliki cara sendiri untuk tetap produktif dan semangat. Secara kekinian, pengembangan dilakukan di rumah masing-masing dan berkomunikasi atau berdiskusi secara daring bila diperlukan. Namun, itu tidak cukup, cara pengembangan secara konvensional tetap harus dilakukan untuk menjaga kultur diskusi tatap muka.

Pada tanggal 17 hingga 21 Mei kemarin, proyek Krita melakukan hal serupa. Di kota Deventer, Belanda, para pengembang Krita berkumpul membahas beberapa hal seputar pendanaan proyek, manajemen sumber daya, dan seputaran teknis seperti merapikan Phabricator, menambahkan dukungan tablet pada macOS, mengidentifikasi serta melengkapi fitur-fitur yang dirasa belum komplit.

Krita

Krita Sprint 2018, nama acara tersebut, ternyata juga tidak hanya fokus pada Krita. Valeriy Malov, pemelihara modul pengaturan tablet Plasma Wacom, juga menjadi bintang tamu di sini. Sampai Krita Sprint 2018 berakhir, Valeriy telah berhasil memperbaiki dukungan kalibrasi pada perangkat Cintiq, peningkatan pemetaan kalibrasi (termasuk penambahan opsi untuk mengatur nilai kalibrasi secara manual), dan penambahan dukungan beberapa perangkat yang memiliki USB ID terpisah untuk sensor sentuhnya.

“Dukungan untuk perangkat yang melaporkan sensor sentuh sebagai USB ID terpisah telah ditambahkan. Belum cukup bagus, karena masih memerlukan campur tangan dari pengguna. Jika kamu memiliki perangkat yang terdaftar dua kali di KCM (KDE Plasma Control Module -pen), tolong jalankan utilitas Wacom Tablet Finder dan tandai bagian pen/touch perangkat,” tuturnya melaporkan via krita.org.

Tiga orang pengembang Krita, Boudewijn, Timothee, dan Raghukamath telah menguji fitur-fitur di atas melalui git terkini. Tidak hanya seri 4 yang akan mendapatkan peningkatan dukungan Wacom, pengembang juga akan membenamkannya sebagai backport untuk seri 3.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top