Devuan Distro

Devuan 2.0 ASCII Meluncur Sebagai ‘Debian Stretch Tanpa Systemd’

Hari ini (9/6), kabar baik bagi penggemar Debian pra-Jessie, Devuan 2.0 “ASCII” final baru saja dirilis sebagai “distribusi Debian tanpa systemd”. Bagi sebagian orang, Debian 8 Jessie adalah rilis Debian terburuk setelah pengembang memutuskan untuk mengalihkan pengelolaan init dan servis sistem mereka kepada systemd.

Devuan, proyek yang mengaku didirikan oleh Veteran Unix Admins, diperkenalkan kepada pengguna yang tidak ingin beranjak ke systemd. Debut rilis Devuan 1.0 hadir satu tahun lalu dan dapat dipasang via debootstrap, lewat citra ISO, maupun lewat proses upgrade dari Debian.

Devuan
Gambar 1. Laman Devuan.org

Tidak jauh berbeda dari Devuan 1.0, Devuan 2.0 juga dapat diperoleh melalui cara-cara di atas. Jika dipasang melalui citra ISO, Devuan kini menyediakan pilihan dukungan sistem init SysVinit atau OpenRC sebagai sistem init bawaan yang dilengkapi juga pilihan untuk memasang desktop environment Xfce, KDE, MATE, Cinnamon, maupun LXQT pada perkakas penginstalnya. Bagi yang ingin memasang desktop lain, mereka juga tetap tersedia di repositori.

Fitur “pemanja” juga tak hanya tersedia untuk para pengguna desktop, pada penginstal, Devuan juga menyediakan opsi “Console productivity” yang menyediakan ribuan utilitas CLI maupun TUI untuk mengelola server.

Devuan 2.0 hadir sebagai distribusi berbasis Debian 9 Stretch sehingga segala pembaruan (kecuali pada systemd) yang dapat ditemukan pada Stretch juga dapat ditemukan di Devuan 2.0. Citra ISO Devuan 2.0 “ASCII” mendukung arsitektur i386 (32-bit) dan AMD64 (64-bit) serta arsitektur ARM untuk perangkat BeagleBone, Raspberry Pi, BananaPi, OrangePi, Cubieboard, ponsel Nokia, ponsel Motorola, hingga perangkat Chromebooks.

Bagi pengguna yang ingin mengunduh Devuan 2.0, silakan kunjungi repositorinya di files.devuan.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top