Berita

Desain Mock Up Aplikasi Calls dan Messages pada Librem 5

Tahun depan adalah tahun menarik untuk para pegiat privasi yang memiliki mobilitas tinggi. Mereka yang selama ini menunggu-nunggu kehadiran ponsel yang menghormati privasi penggunanya akan disambut dengan ponsel Librem 5—​produk teranyar Purism yang saat ini masih dikembangkan.

Beberapa bulan terakhir, tim Librem 5 di Purism menggarap fitur-fitur standar yang biasa ditemukan pada ponsel pintar. Dua fitur yang dimaksud adalah aplikasi telepon yang dinamai Calls dan aplikasi perpesanan yang dinamai dengan Messages. Untuk saat ini, pengembangan dua aplikasi tersebut masih berada di fase desain atau mock up. Pengerjaannya berkolaborasi dengan tim desain GNOME.

François Téchené melaporkan, saat Tobias—​pimpinan desainer Librem 5—​bergabung dengan proyek ini, mereka mulai menghubungi tim desain GNOME, Allan Day dan Jakub Steiner, untuk mendiskusikan desain dan proyek secara keseluruhan. Salah satu produk diskusi adalah repositori desain aplikasi di laman Gitlab GNOME.

Waktu berlalu, setelah menerbitkan repositori khusus desain, mereka memamerkan desain mock up untuk aplikasi Calls dan Messages. Berikut tampilan desain Calls:

Calls

Selain desain saat melakukan panggilan, mereka juga memamerkan desain Contacts:

Calls

Desain Messages seperti di bawah ini. Messages adalah fitur standar untuk menangani SMS yang mendukung pesan terenkripsi end-to-end.

Messages
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top