BSD

Demi Dukungan OpenRC, GhostBSD Akan Ganti Sistem Dasar ke TrueOS

Meskipun situs ini berjudul Kabar Linux, tidak berarti kami tak mengabarkan sistem operasi yang senyawa dengannya. Maksud kami, sistem operasi yang dibangun dengan semangat FLOSS (Free/Libre Open Source Software). Sistem operasi *BSD adalah salah satu yang masuk di radar kami.

Setelah HardenedBSD memutuskan untuk kembali ke OpenSSL dari sebelumnya memakai LibreSSL, proyek GhostBSD akan mengubah sistem dasar mereka ke sistem operasi lain.

GhostBSD

GhostBSD adalah salah satu sistem operasi BSD yang fokus menyediakan lingkungan desktop dengan MATE sebagai desktop environment utamanya. Selama ini, GhostBSD dibangun dengan basis FreeBSD, tetapi di masa mendatang sistem dasar tersebut akan diganti dengan TrueOS.

“Anda mungkin pernah melihat diskusi mengenai subyek ini di forum GhostBSD. Jadi GhostBSD akan meluncurkan versi baru di masa mendatang dengan TrueOS sebagai sistem dasarnya,” jelas Eric Turgeon.

Peralihan sistem dasar sistem operasi ini ke TrueOS karena komunitas ingin GhostBSD memiliki dukungan rc yang lebih bagus dengan OpenRC. TrueOS sendiri merupakan sistem operasi berbasis FreeBSD yang telah menerapkan dukungan OpenRC. Eric mengungkapkan, tidak mungkin mereka menerapkan OpenRC dari awal di GhostBSD dengan tim yang sedikit. Oleh karena itu, untuk memudahkan proses tersebut, mereka lebih memilih sistem TrueOS yang sudah teruji dukungan OpenRC-nya.

Kebetulan juga dua pengembang utama GhostBSD adalah pekerja iXsystems — perusahaan di balik proyek TrueOS.

Di samping penerapan OpenRC yang ciamik, memilih TrueOS juga bakal memudahkan GhostBSD untuk mengimplementasikan dukungan reproducible builds, peningkatan keamanan dengan integrasi LibreSSL, dsb.

Jika kamu masih asing dengan GhostBSD dan berminat untuk meliriknya, silakan kunjungi ghostbsd.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top