Deepin Distro

Deepin Linux 15.6 Tambah Fitur Anyar pada Aplikasi Penyambut (Welcome)

Cukup banyak distribusi GNU/Linux yang ingin menargetkan pengguna pemula. Kata “pemula” merujuk kepada mantan pengguna sistem operasi Windows atau macOS, atau pengguna aktif keduanya yang sekadar ingin mencicipi GNU/Linux. Distribusi deepin merupakan salah satu yang dimaksud.

Deepin Linux adalah distribusi dari Tiongkok yang dikembangkan dan dipelihara oleh Wuhan Deepin Technology dan komunitas. Pada bulan Juni 2018 ini, pengembang meluncurkan rilis termutakhir deepin 15.6.

“Edisi desktop deepin bekerja di notebook dan desktop, serta (deepin) ingin menyediakan pengalaman pengguna yang stabil, efisien, dan mudah dipakai. Antar muka yang rapi dan interaksi yang nyaman mengurangi waktu pencarian dan penjelajahan, memperkenankan pengguna menghemat waktu untuk bekerja dan belajar,” ungkap pengembang.

Deepin
Gambar 1. Deepin

Deepin 15.6 telah membenamkan fitur baru pada aplikasi penyambut pengguna baru: welcome. Aplikasi ini sekarang menampilkan panduan fitur personalisasi deepin seperti panduan untuk mengatur tema ikon dan mode desktop. Rilis ini juga membenamkan bilah navigasi (navigation bar) dalam mode stik (tidak dapat digeser) pada bagian kiri Control Center, fungsi penskalaan display pengaturan HiDPI yang terintegrasi pada Control Center, serta Launcher dengan mode jendela mini. Fitur terakhir yang disebut mirip seperti Launcher pada Windows 7 dan menu aplikasi pada Cinnamon.

Fitur yang tak kalah menarik lainnya adalah konsistensi aplikasi pada tema terang dan gelap yang lebih bagus, tombol untuk membuka diska terkait (mounted) pada dock, buku manual yang lebih komprehensif, dan perbaikan 200 lebih bug yang ditemukan pada desktop environment itu sendiri, aplikasi bawaan, kernel, dsb.

Para pengguna deepin 15.5 dijamin dapat memutakhirkan sistem operasinya ke versi termutakhir melalui manajer paket. Namun, bagi yang tertarik mengunduh citra ISO-nya, silakan kunjungi laman deepin.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top