Hardware

Debut Rilis Librem 5 Dipastikan Meluncur Januari 2019

Pengembangan ponsel pintar Librem 5 semakin mantap. Apabila beberapa waktu ini pembaca tidak sempat menyimak proyek anyar Purism, mereka saat ini tengah sibuk mengerjakan proyek ponsel bebas/merdeka Librem 5. Ponsel ini dibuat untuk menghargai privasi dan keamanan pengguna, tidak seperti ponsel sebelah (ssst, ponsel Android dan iPhone).

Melalui pos terkini yang ditulis pada laman puri.sm, Purism menegaskan bahwa mereka semakin mantap meluncurkan ponsel Librem sebagai debut rilis pada bulan Januari 2019.

“Purism, perusahaan sosial yang mendesain dan memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras berorientasi privasi, mengumumkan bahwa terobosan ponsel pintar Librem 5 telah terjadwal untuk dirilis bulan Januari 2019, tujuh bulan setelah kampanye penggalangan dana sukses terkumpul hampir $2,5 juta,” tulisnya.

Purism mengklaim telah menyelesaikan spesifikasi untuk platform perangkat keras Librem 5 dan telah menempatkan pemesanan developer kit ke pabrik untuk diproduksi. Spesifikasi developer kit tersebut sesuai dengan desain ponsel Librem 5 yang akan dirilis oleh Purism. Developer kit adalah set perangkat lunak atau perangkat keras untuk mengembangkan aplikasi atau modul produk ponsel tersebut.

Librem 5

Di sisi desain dan perangkat lunak, Purism juga telah menyelesaikan desain case dan shell antar muka, begitu juga dengan aplikasi Contacts dan aplikasi untuk melakukan panggilan telepon.

Saat dirilis awal tahun 2019 nanti, Librem 5 akan dilengkapi dengan fitur panggilan terenkripsi, kemampuan VoIP murni (native), fitur pengirim pesan teks dan surel dengan enkripsi end-to-end, fitur layanan VPN, kill switch fitur kamera, WiFi/Bluetooth, mikrofon, serta dukungan jaringan 3G/4G, GSM, UMTS, atau LTE. Librem 5 akan berjalan dengan sistem operasi PureOS secara bawaan dengan tetap dapat dipasang sistem operasi GNU/Linux lain.

Librem 5 akan dibandrol dengan harga mulai 599 dollar Amerika atau setara 8 juta rupiah lebih.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Debut Rilis Librem 5 Dipastikan Meluncur Januari 2019

  1. iamstrong says:

    Mahal juga ya kang untuk ponsel sekelas Open Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top