Debian Distro

Debian 9.4 Diluncurkan, Perbaiki Paket Kernel, Systemd, dan Glibc

Maret 2018 menjadi bulan rilis poin baru untuk Debian 9 setelah Desember 2017 lalu pengembang menerbitkan Debian 9.3 Stretch. Debian 9 adalah rilis stabil termutakhir yang akan selalu memperoleh perbaikan dan pembaruan sampai masuk EOL sekitar tahun 2022.

Debian

Debian 9.4 Stretch, rilis poin anyar yang diterbitkan bulan ini, membawa perbaikan masalah keamanan serta beberapa penyesuaian masalah serius. Seperti yang disebutkan oleh pengembang, rilis poin ini bukanlah pengganti Debian 9 tetapi pembaruan/perbaikan paket sehingga Anda tidak perlu menyingkirkan ISO lawas yang pernah diunduh dahulu.

Beragam paket yang memperoleh perbaikan di antaranya AppArmor, ClamAV, Cron, CUPS, Flatpak, Glibc, LibreOffice, kernel Linux, LXC, Ncurses, NTP, OpenSSH, dan paket nvidia-*. Selain itu, rilis poin ini juga memperbaiki dukungan dependensi Python3 pada paket python-hkdf, python-spake2, python-mimeparse, memperbaiki kerentanan CVE-2017-15908 pada systemd, dan memperbarui paket webkit2gtk.

Penambalan celah keamanan juga tersebar pada paket TOR, Firefox ESR, GIMP, kernel Linux, Thunderbird, FFmpeg, GCC6, dsb. Di samping itu, beberapa paket justru disingkirkan karena ada beberapa masalah, yakni paket Electrum, Dolibarr, pgmodeler, jirc, dan seelablet.

Buat pengguna aktif Debian 9, Anda dapat memasang beragam pembaruan paket tersebut menggunakan perintah:

$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get dist-upgrade

Perintah di atas juga berlaku jika Anda ingin memperoleh Debian 9.4 setelah menginstal Debian 9 melalui ISO yang diunduh dari bulan Juni 2017.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top