Free Software Open Source Software

Dalam Tiga Hari Krita Rilis 4.0.2 dan 4.0.3, Benamkan Perbaikan dan Sedikit Pembaruan

Krita 4.0 merupakan rilis mayor yang meluncur bulan Maret 2018 lalu. Jangan remehkan rilis ini karena ia memperoleh banyak sekali fitur baru dan peningkatan performa. Dari testimoni yang saya peroleh dari beberapa rekan, Krita 4.0 memang lebih stabil dibandingkan rilis sebelumnya yang sering crash dan lag.

Pada bulan April, mereka menerbitkan rilis pemeliharaan Krita 4.0.1 yang menyertakan beberapa perbaikan bug pada antar muka, dukungan SVG, dan pengolah animasi.

Krita

Sebulan kemudian, Mei, mereka meluncurkan rilis pemeliharaan kedua 4.0.2. Tidak jauh berbeda dari 4.0.1, Krita 4.0.2 juga membenahi beberapa masalah pada fitur pengelola animasi dan antar muka, beserta fitur brush, grid, dan dukungan Windows. Namun, karena beberapa perbaikan yang dilakukan pada Krita 4.0.2, munculah regresi yang menyebabkan crash, terpicu dari perintah copy paste antar dokumen .kra.

Oleh sebab itu, dua hari pasca peluncuran 4.0.2, pengembang menghadirkan Krita 4.0.3. “Hari ini tim Krita meluncurkan Krita 4.0.3, rilis perbaikan bug untuk Krita 4.0.0. Ini adalah perbaikan dari regresi penting pada Krita 4.0.2: terkadang fitur copy dan paste antar gambar yang dibuka lewat Krita menyebabkan crash,” tulis pengembang membuka peluncuran 4.0.3.

Pembaruan di samping perbaikan

Meskipun rilis ini identik dengan “perbaikan bug”, beberapa pembaruan juga diperkenalkan di sini, termasuk kemampuan untuk membuka berkas mentah .rw2, dukungan HiDPI atau display Retina pada layar splash, dan peningkatan fitur penyaring ekspor OpenEXR.

Jika kamu bekerja secara penuh menggunakan Krita tetapi tak sabar menunggu kehadirannya di repositori distribusi GNU/Linux, kamu dapat mengunduh berkas AppImage Krita terkini melalui repositori kde.org (unduhan langsung). Bagi pengguna Ubuntu, kamu dapat memanfaatkan PPA Krita Lime.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top