Distro Ubuntu

“Cosmic Cuttlefish”, Nama Kode untuk Ubuntu 18.10

Tepat pada tanggal 26 April, Canonical meluncurkan Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver. Sambutan rilis ini cukup bagus. Pendiri Ubuntu, Mark Shuttleworth menyebutkan bahwa jagat Twitter sangat gembira dengan fitur desktop minimal dan integrasi snap yang mulus.

Dari pantauan Kabar Linux terhadap beberapa media yang menyiarkan rilis Ubuntu 18.04 LTS, tak sedikit memang yang membahas pembaruan-pembaruan keren di sini, termasuk fitur instalasi minimal, paket snap bawaan, dan dukungan desktop GNOME yang lebih baik. Meski tetap ada juga yang membahas “fitur” kontroversial seperti fitur pengoleksi data.

Mari beranjak! Setelah 18.04 LTS, pengembang akan mulai fokus mengerjakan rilis berikutnya sembari memelihara rilis sebelumnya. Ubuntu 18.10 adalah calon rilis yang siap hadir bulan Oktober 2018 mendatang. Sesuai tradisi Ubuntu yang setiap rilisnya pasti menggunakan nama kode hewan berikut sifatnya, Mark Shuttleworth baru saja mengumumkan nama kode calon rilis tersebut: Cosmic Cuttlefish.

Cosmic adalah kata sifat yang menggambarkan keagungan atau kebesaran. Sedangkan Cuttlefish adalah hewan yang hidup di perairan, sungai, laut, maupun danau. Dalam bahasa Indonesia, hewan ini disebut sebagai ikan Sotong dan sering disalahtafsirkan sebagai cumi-cumi karena bentuknya yang sedikit mirip.

Jadi, dalam bahasa Indonesia, Cosmic Cuttlefish mungkin dapat diartikan sebagai “ikan Sotong yang agung” (?).

Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish
Gambar 1. Cuttlefish atau ikan Sotong (Brian Gratwicke)

“Keamanan adalah hal yang perlu ditingkatkan demi meningkatkan rasa percaya diri.”

Mark Shuttleworth menganggap keamanan sistem dan data pengguna adalah sesuatu yang perlu menjadi fokus demi meningkatkan kepercayaan diri pengguna. “Apabila saya memiliki satu keinginan besar yang membuat saya merasa hebat, secara sistematis, untuk para pengguna Ubuntu, adalah meningkatkan kepercayaan diri mereka pada keamanan sistem dan data yang mereka miliki.”

Dari pernyataan Mark ini mungkin saja Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish akan lebih memfokuskan diri pada keamanan sistem. Entah bagaimana caranya.

Kamu memiliki harapan apa seputar rilis 18.10 Oktober 2018 mendatang?

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top