Free Software Open Source Software

‘Cluster’ Jadi Calon Wallpaper KDE Plasma 5.14 Pertama yang Dibuat dengan Krita

Setiap rilis mayor baru, KDE Plasma selalu memperkenalkan sesuatu yang segar. Di samping fitur anyar, mereka juga selalu membenamkan wallpaper khas yang diharapkan mampu menjadi penghalau rasa bosan pengguna setianya.

Ada kejutan menarik di KDE Plasma 5.14 nanti. Apa itu? Wallpaper baru! Namun, tunggu, kabar seperti itu bukanlah sesuatu yang menarik. Di paragraf pertama saya sudah menyebutkan, wallpaper anyar selalu hadir pada rilis mayor anyar KDE Plasma. Jadi, itu adalah hal yang biasa.

Yang menarik justru bukan pada hasil akhir wallpaper itu sendiri, tetapi pada pengerjaanya. Selama ini, wallpaper KDE Plasma dibuat dengan Inkscape dan/atau GIMP, mulai KDE Plasma 5.14, wallpaper dibuat menggunakan perangkat lunak pelukisan digital Krita.

Ken Vermette, desainer yang bertugas membuat wallpaper untuk KDE Plasma, merasa senang dan lebih produktif saat menggunakan Krita. “Saya berencana menggunakan Krita untuk membuat wallpaper di masa mendatang. Tepuk tangan untuk Krita,” tegasnya.

Berkas mentah wallpaper KDE Plasma memiliki resolusi 8K lebih. Saat dibuat dengan Inkscape, berkas mentah (source code) .svg wallpaper berukuran sekitar 50MB sedangkan saat dibuat dengan krita, berkas mentah .kra berukuran sekitar 135MB.

Berikut calon wallpaper KDE Plasma 5.14 yang dijuluki dengan “Cluster”:

KDE Plasma
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top