Tutorial

Cara Menggunakan KDE Connect, Kelola Desktop/Ponsel Jadi Lebih Asyik

Di sistem operasi populer sebelah, untuk melakukan pairing antara ponsel pintar dan desktop termasuk mudah meskipun saya tidak peduli bagaimana melakukannya. Namun, bagaimana jika kita ingin menerapkannya di GNU/Linux? Pairing yang tidak hanya berfungsi untuk mengirim berkas tetapi lebih dari itu?

Selama beberapa tahun, tim pengembang KDE mengerjakan perkakas FLOSS yang dinamakan sebagai KDE Connect. Rilis stabil KDE Connect 1.0 mulai umum didistribusikan dan diimplementasikan pada Agustus 2016 lalu.

Apa itu KDE Connect?

Mengutip laman resminya, KDE Connect adalah proyek untuk mengomunikasikan semua perangkat pengguna. KDE Connect tak seremeh aplikasi yang hanya dapat dipakai untuk berbagi berkas antara ponsel dan desktop. Lebih dari itu. “Dengan KDE Connect kamu dapat menerima notifikasi ponsel pada komputer desktop, mengontrol jalannya musik pada desktop dari ponsel, dan menggunakan ponsel untuk melakukan remot desktop,” tulis pengembang.

Meskipun terdapat merek “KDE” dalam nama aplikasi tersebut, KDE Connect merupakan aplikasi yang dapat dipasang di desktop environment apapun, meskipun mungkin jalannya tetap tidak sesempurna saat dipakai di KDE Plasma.

Instalasi di desktop

Hampir semua distribusi populer menyediakan KDE Connect di repositori resminya.

Debian dan Ubuntu

$ sudo apt install kdeconnect

Fedora

# dnf install kde-connect

openSUSE

$ sudo zypper in kdeconnect-kde

Instalasi di ponsel

Untuk memasang KDE Connect di ponsel pintar Android, silakan kunjungi Play Store atau bagi pengguna F-Droid, KDE Connect juga dapat ditemukan di toko aplikasi FLOSS tersebut.

Menggunakan KDE Connect

Saat artikel ini ditulis, KDE Connect memiliki fitur untuk berbagi berkas, menjalankan perintah (Run Command), melakukan input remot, dan mengontrol media.

1. Sambungkan perangkat

Sebelum menjalankan itu semua, pengguna harus menyambungkan (pairing) KDE Connect baik melalui ponsel maupun desktop. Melalui ponsel, silakan buka aplikasi “KDE Connect”, perangkat desktop yang siap terkoneksi tersedia pada bagian AVAILABLE DEVICES.

KDE Connect

Tap nama perangkat desktop, kemudian pencet REQUEST PAIRING.

KDE Connect

Di desktop akan muncul notifikasi bahwa terdapat perangkat yang ingin melakukan pairing menggunakan KDE Connect. Klik Accept untuk menerima pairing tersebut.

Tidak jauh berbeda jika kita ingin menyambungkan melalui desktop. Buka aplikasi KDE Connect. Klik nama perangkat ponsel kemudian klik Request pair. Pencet Accept saat notifikasi permintaan pairing muncul pada notifikasi ponsel.

KDE Connect

Setelah tersambung, aplikasi KDE Connect pada ponsel akan menyediakan beberapa fitur menarik.

2. Kirim berkas

Untuk mengirim berkas lewat KDE Connect sangat mudah. Untuk mengirim berkas dari ponsel ke desktop, silakan pencet Send files lalu tap Gallery pada ponsel jika ingin mengirimkan gambar.

KDE Connect

Pilih gambar yang ingin dikirim lalu tap (tak perlu ada konfirmasi pengiriman di sini).

Sayangnya, fitur Send files tersebut hanya mendukung pengiriman gambar dan musik (mp3 salah satunya). Untuk mengirim berkas yang bukan keduanya, kita perlu menuju manajer berkas ponsel, pilih dokumen yang ingin dikirim, lalu tap Shar via, pilih KDE Connect kemudian tap nama perangkat desktop.

3. Jalankan perintah (Run Command)

Melalui ponsel, kita dapat menjalankan perintah tertentu pada desktop dengan syarat perintah-perintah tersebut telah didaftarkan sebelumnya pada aplikasi KDE Connect desktop.

Untuk mendaftarkan perintah, buka aplikasi KDE Connect di desktop kemudian pilih perangkat yang terkoneksi dan cari plugin dengan nama Run commands (pastikan kolom cek kiri dalam keadaan aktif dengan warna biru). Buka tombol Configure, di kotak dialog tersebut kita dapat mendaftarkan perintah-perintah yang dapat dijalankan lewat ponsel nanti.

KDE Connect
KDE Connect

Jika sudah mendaftarkan perintah, klik OK.

Di ponsel pada bagian Run Command akan terlihat dua perintah yang baru saja saya masukkan.

KDE Connect

4. Input remot (remote input)

Remote input adalah fitur asik bagi pengguna yang benar-benar sedang malas memegang mouse atau touchpad. Dengan ini kita dapat menggerakan kursor lewat ponsel, mengklik kiri dengan mengetuk satu jari, mengklik kanan dengan mengetuk dua jari, mengklik tengah (middle) dengan mengetuk tiga jari, menggulirkan bilah gulir (scroll bar) dengan menggeser dua jari, dan memencet lama untuk melakukan drag and drop.

KDE Connect

5. Kontrol multimedia (multimedia control)

Multimedia control mengizinkan kita untuk mengontrol musik atau video yang sedang berjalan di desktop dari ponsel, seperti saat saya memainkan lagu Frau berjudul Water melalui Dragon Player.

KDE Connect

Konklusi

KDE Connect sangat membantu saya untuk berjibaku dengan desktop dan ponsel sekaligus. Di artikel ini, saya menyampaikan fitur yang ditampilkan pada aplikasi KDE Connect ponsel. Sebenarnya, masih ada beberapa fitur lain yang patut disorot seperti berbagi notifikasi, ping, ring my phone, dsb. Fitur-fitur tersebut akan saya tuliskan di sini setelah saya ulik kembali.

Sebagai catatan, untuk menggunakan KDE Connect, pastikan desktop dan ponsel berada pada jaringan yang sama, contohnya WiFi atau jaringan via peranggitan (tethering).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Cara Menggunakan KDE Connect, Kelola Desktop/Ponsel Jadi Lebih Asyik

  1. Radya says:

    untuk pengguna gnome bisa pake extension GSConnect https://extensions.gnome.org/extension/1319/gsconnect/

    1. Penting nih, makasih om!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top