Distro Ubuntu

Canonical Komentari Insiden Skrip Penambang pada Paket Snap: Itu Tidak Ilegal Tetapi Keliru

Kemarin, pengguna menemukan paket snap mencurigakan di Snap Store. Setelah ditelisik, paket tersebut berisi skrip penambang cryptocurrency yang semuanya ditulis dan disediakan oleh Nicolas Tomb. Setelah mendapatkan laporan, Canonical dengan gesit langsung menghapus semua paket snap Nicolas Tomb dari toko aplikasi resmi Snap.

Atas kejadian tersebut, akhirnya Canonical memberikan komentarnya. Pada dasarnya, tidak ada peraturan yang melarang penggunaan penambang cryptocurrency pada paket snap, dengan syarat pemelihara paket harus menerangkannya kepada pengguna, salah satunya melalui kolom deskripsi paket. Canonical melanjutkan, menambang cryptocurrency bukanlah tindakan ilegal maupun tidak etis, tetapi penyedia paket snap yang membenamkan “fitur” tersebut tanpa memberitahukan kepada pengguna adalah hal keliru.

Snap Store

Pasca penghapusan semua paket snap berskrip penambang, Nicolas Tomb menghubungi Canonical bahwa tujuan memasukkan skrip tersebut adalah untuk memonetisasi perangkat lunak yang ia paketkan. Apalagi lisensi perangkat lunak tersebut mengizinkan hal tersebut.

Perusahaan di balik Ubuntu tersebut menegaskan, “tidak ada peraturan yang melarang penambangan cryptocurrency, tetapi menyesatkan pengguna adalah masalah.”

Canonical yakin sejak awal mengembangkan Snap, implementasinya tidak akan seratus persen aman bila dilihat dari beberapa perspektif, meskipun jika dilihat dari desain teknisnya Snap membawa konsep aplikasi ter-sandbox seperti Flatpak dan AppImage yang memang benar-benar aman. Untuk mengatasi insiden paket snap seperti Nicolas Tomb, Canonical akan menambahkan fitur berupa tanda untuk memperlihatkan pengguna bahwa penerbit paket snap sudah terverifikasi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “Canonical Komentari Insiden Skrip Penambang pada Paket Snap: Itu Tidak Ilegal Tetapi Keliru

  1. anandiamy says:

    wew, jadi kita harus membaca deskripsi software dulu donk kalau ingin menginstall ? wah ribet juga ya

    1. Reyhan says:

      Bukannya memang seharusnya begitu?

    2. Membaca deskripsi sebenarnya sudah jadi nalar wajar kalau mau pasang software apapun di manapun mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top