Berita

Calon “Pengganti” Munich, Kota Barcelona Siap Bermigrasi ke GNU/Linux

Kota Munich memutuskan untuk beralih ke Windows setelah bertahun-tahun menggunakan GNU/Linux dan perangkat lunak FLOSS lainnya. Tidak berlebihan jika kabar ini memantik “patah hati internasional” mengingat kota Munich biasa menjadi rujukan positif mengenai implementasi GNU/Linux di lingkungan pemerintahan.

Kota Barcelona

Namun, di saat Munich tengah berproses mengalihkan komputer mereka ke Windows 10 dari LiMuX, kota Barcelona justru bersiap-siap memigrasikan komputer-komputer ber-Windows-nya ke GNU/Linux dan aplikasi FLOSS lain sebagai pendukungnya. Di awal langkah, kota Barcelona akan mengalihkan aplikasi-aplikasi proprietari ke FLOSS terlebih dahulu sampai menyisakan satu-satunya perangkat lunak proprietari, Windows.

Bekerja sama dengan perusahaan TI lokal

Kota Barcelona bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan TI, besar maupun kecil, guna menyediakan tenaga-tenaga TI yang kompeten, baik untuk memigrasikan sistem maupun membangun perangkat lunak tertentu dengan fungsi spesifik.

Kapan peralihan selesai dan distribusi apa yang dipilih?

Menurut Francesca Bria, Komisioner Inovasi Teknologi dan Digital Dewan Kota Barcelona, peralihan akan selesai sekitar akhir musim semi tahun 2019 atau sekitar bulan Mei/Juni. Besar kemungkinan, kota Barcelona akan membangun distribusi sendiri berbasis Ubuntu yang dilengkapi dengan Open-XChange sebagai pengganti klien Outlook dan Exchange Server serta Firefox dan LibreOffice sebagai pengganti Internet Explorer dan Microsoft Office.

Simpulan

Ini merupakan kabar menggembirakan bagi para pegiat FLOSS kota Barcelona khususnya dan dunia internasional umumnya. Bukan tidak mungkin kota Barcelona bakal menjadi contoh selanjutnya sebagai kota yang menerapkan FLOSS di lingkungan pemerintah.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top