Hardware

Bukan Januari, Rilis Awal Ponsel Pintar Librem 5 Diundur Sampai April 2019

Librem 5 adalah ponsel pintar yang sangat layak untuk diantisipasi kehadirannya tahun depan. Berminat menjadi salah satu penyangga privasi pengguna dalam ranah perangkat mobile, beberapa bulan terakhir Purism sibuk bereksperimen dan memastikan bahwa Librem 5 benar-benar akan jatuh ke tangan para calon pengguna, yang diawali dengan para pendonor via penggalangan dana.

Seperti yang dirancang sebelumnya, Librem akan menggunakan platform i.MX8M, apalagi perangkat ini telah resmi diumumkan di acara Embedded World di Jerman beberapa waktu lalu. Nicole Faerber memastikan mereka akan kekeh bahkan percaya diri untuk tetap memanfaatkan platform tersebut. “Kami percaya diri bahwa i.MX 8 sangat cocok untuk Librem 5 dan (i.MX 8) akan tersedia dalam kuantitas besar untuk perangkat (Librem 5) yang terjadwalkan hadir Januari 2019,” jelas sang Chief Technology Officer Librem 5.

Pengembangan Librem 5 penuh dengan tantangan, mengingat mayoritas perangkat keras dan perangkat lunak yang fokus pada mobile bersifat tertutup atau proprietari—​sifat yang ditolak oleh Purism. Mayoritas vendor SoC (System on a Chip) memudahkan pengembangan perangkat fungsional (terutama mobile), tetapi mereka hanya menyediakan firmware proprietari. Tidak hanya itu, modem seluler yang bertanggung jawab menerima sinyal 2G, 3G, 4G, bahkan (nanti) 5G semuanya disediakan sepaket dengan sistem operasi proprietari. Sungguh menyulitkan! Secara teknis, modem-modem tersebut juga menempel dengan bus RAM dan perangkat SoC. Teknis tersebut tentu menyalahi konsep privasi yang akan diterapkan Librem 5. “Modem seluler seharusnya terisolasi dari SoC untuk tidak dapat mengakses bus RAM,” kata Nicole Faerber. Pengembang tidak kehilangan akal, mereka akan menempatkan modem pada bus USB sehingga akan berinteraksi dengan ponsel melalui USB alih-alih bus RAM. “Ini akan memisahkan modem seluler dari busnya tanpa melihat data (komponen) lain.”

Untuk perangkat modem WiFi dan Bluetooth, aman. Purism saat ini tengah bekerja sama dengan Redpine Signal, perusahaan semikonduktor fabless asal California, Amerika Serikat. Keunggulan dari Redpine Signal adalah mereka tak membenamkan fitur pengunduhan firmware saat runtime pada perangkat besutannya seperti perusahaan-perusahaan lainnya.

Produksi komponen-komponen Librem 5 dipastikan bekerja sama dengan pabrik di Tiongkok. Faerber tidak menjelaskan secara detail. Ia hanya menyebutkan lokasi survei pabrik di wilayah Shenzhen, Tiongkok.

Devkits

(Devkits Librem 5, puri.sm)

Menurut rencana awal, Librem 5 akan diperkenalkan kepada para pendonor pada bulan Januari 2019 tetapi karena terdapat bug pada SoC yang menyebabkan baterai cepat merosot habis, Purism menunda peluncuran hingga April 2019. Berbeda dengan perkakas devkit, mereka tetap akan menghadirkannya pada bulan Oktober 2018 mendatang karena ia tidak berhubungan langsung dengan bug yang disebut sebelumnya. Devkit merupakan perkakas yang terdiri dari banyak komponen untuk dipakai para pengembang bereksperiman dengan calon Librem 5.

“Kami bangga devkit akan disusun dan dibangun di Amerika Serikat, khususnya di area San Diego California, sementara produksi ponsel dilakukan di Tiongkok,” Nicole Faerber mengabarkan kemudian.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top