Distro Solus

Budgie 10.5 dan Software Center yang Makin Mantap Akan Hadir di Solus

Solus adalah distribusi GNU/Linux independen (tidak diturunkan dari apapun) yang kekinian, emm …​ atau orang-orang biasa menyebut dengan kata sedang hype. Awal diluncurkan, Solus menerapkan model rilis tetap (fixed release), waktu berlalu Solus menjadi salah satu distribusi rilis bergulir (rolling release) yang tidak dapat dianggap remeh.

Kabar terkini, pengembang tengah sibuk meningkatkan fitur Software Center—​perkakas “toko aplikasi” bawaan distribusi serupa GNOME Software dan Plasma Discover. Pembaruan yang dilakukan pada Software Center Solus cukup besar. Tidak hanya sekadar tambal sana tambal situ, pengembang telah menambahkan sidepane yang memperlihatkan aplikasi apa saja yang akan dipasang atau dihapus. Sebelum menjadi sidepane, daftar aplikasi tersebut akan muncul pada jendela terpisah.

Software Center Solus
Gambar 1. Software Center dengan Sidepane (solus-project.com)

Software Center juga akan mengaktifkan perintah autoremove pada eopkg secara bawaan sehingga perkakas tersebut akan menghapus dependensi atau paket tertentu yang tak lagi diperlukan saat pengguna membongkar sebuah paket aplikasi. Tangkapan layar di bawah menunjukan beberapa paket aplkasi atau dependensi yang akan dihapus secara otomatis saat kita membongkar GNOME Builder.

Software Center
Gambar 2. Software Center dengan perintah autoremove bawaan (solus-project.com)

Dukungan HiDPI juga menjadi fokus pembaruan Software Center. Selain itu, pengembang juga akan segera mengusangkan perkakas driver perangkat keras DoFlicky sebagai aksi untuk memusatkan pada perkakas penerus, LDM (Linux Driver Management). “Integrasi driver (dengan LDM -pen) pada Software Center masih dalam proses pengerjaan dan kami akan memamerkannya di Roundup berikutnya,” Joshua Strobl menjelaskannya kemarin.

Sebagian fitur memang masih dalam proses pengerjaan, tetapi fitur lain sudah selesai dibenamkan termasuk fitur pencarian dengan opsi penyaring (filter), notifikasi yang memberitahukan pengguna saat instalasi paket selesai, fitur untuk mengatur prioritas antrian operasi instal/bongkar aplikasi, sistem navigasi berbasis kategori, API lintas-plugin, dan sistem “Job plan“.

Oke, selain Software Center, apa yang terjadi dengan desktop Budgie?

Beberapa waktu yang lalu, Solus mengumumkan bahwa proyek desktop Budgie kembali masuk ke naungan mereka setelah beberapa tahun terakhir berdiri sebagai proyek mandiri. Tidak seperti yang diharapkan, Solus belum mengabarkan kelanjutan informasi seputar Budgie 11, mereka masih sibuk mengerjakan rilis anyar Budgie 10.5.

Di Budgie 10.5, pengembang telah menghapus dukungan GTK+ di bawah 3.22 dan meningkatkan dukungan Vala ke versi 0.40.0. “Sebagai hasilnya, beberapa bagian signifikan pada basis kode (Budgie) sekarang menggunakan antar muka dan API GTK modern, seperti perubahan penggunaan Gdk.X11Display ke Gdk.X11.Display.” Pembaruan lain juga terjadi pada dukungan Do Not Disturb, fitur notifikasi yang lebih baik, dan widget sound pada Raven yang kini membawa widget Sound Output dan Input secara terpisah.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Budgie 10.5 dan Software Center yang Makin Mantap Akan Hadir di Solus

  1. Arief F says:

    Nantinya desktop Budgie ini berpengaruh nggak sama distribusi lain macam Ubuntu Budgie? jika ada update seperti ini..

    1. Pasti berpengaruh. Ubuntu Budgie pasti mendapatkan pembaruan Budgie seperti di Solus, tapi mungkin tidak secepat itu, paling cepat mungkin di Ubuntu Budgie 18.10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top