Event

BSDCan, Konferensi Akbar Kupas Banyak Hal Seputar BSD

Konferensi seputar proyek FLOSS (Free/Libre Open Source Software) besar tidak hanya terjadi di dunia Linux, Linux Conference contohnya, tetapi juga ada di dunia BSD. Bagi sebagian orang, BSD mungkin dirasa kurang populer, tetapi dilihat dari implementasinya di ranah teknologi “super besar”, ia tak kalah dengan Linux.

Beberapa contoh penerapan: FreeBSD pada pengolahan aplikasi perpesanan sejuta umat, WhatsApp, dan FreeBSD sebagai basis sistem operasi PlayStation.

BSDCan adalah konferensi BSD yang saya maksud di artikel ini. BSDCan pertama diadakan pada tahun 2004 sebagai media konferensi teknis untuk orang-orang yang bekerja dengan sistem operasi atau proyek berbasis 4.4BSD. Sistem operasi 4.4BSD, 4.4BSD-Lite lebih tepatnya, merupakan sistem operasi “induk” dari FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, dan DragonFly BSD.

Sejak dahulu, BSDCan selalu diadakan di ibu kota Kanada, Ottawa dan Universitas Ottawa selalu menjadi tuan rumahnya, bedanya hanya pada lokasi gedung yang dipakai. Saya kesulitan mencari keterangan resmi mengapa kota Ottawa menjadi “anak emas” BSDCan. Dari semua keterangan yang disebutkan oleh penyelenggara, mereka hanya menyebut kota Ottawa sebagai kota yang luar biasa keren untuk para turis, selain karena cuacanya, kota Ottawa juga kerap menjadi tuan rumah acara-acara lain yang juga tak kalah hebat.

Konferensi sebagai ajang berkumpul dan berbagi para pengembang, kontributor, dan pengguna BSD ini telah disponsori oleh banyak perusahaan. FreeBSD Foundation yang didirikan pada tahun 2011 dan perusahaan iXsystems menjadi yang rutin mensponsori BSDCan mulai tahun 2006. Sedangkan Google juga mulai menjadi sponsor pada tahun 2007. BSD Magazine pun ikut menjadi sponsor sejak tahun 2012, walaupun tidak rutin. Netflix memanfaatkan sistem berbasis FreeBSD untuk menyediakan transfer data hingga 100 Gbps. Pada tahun 2014, perusahaan hiburan digital tersebut juga menjadi sponsor BSDCan.

Di BSDCan 2016, semakin banyak perusahaan besar nan populer yang mulai ikut “membantu”, termasuk di antaranya Intel, Microsoft, dan PlayStation. Pada tahun 2017, NetBSD juga ikut menjadi sponsor bersama BlackBerry. BSDCan yang baru diselenggarakan kemarin memiliki fakta menarik, Microsoft tak lagi menjadi sponsor dan “digantikan” oleh Apple. HardenedBSD menjadi proyek yang juga ikut menyokong terselenggaranya konferensi bersama NetBSD.

BSDCan 2018

Dari tahun 2004 sampai 2014, BSDCan selalu diadakan pada bulan Mei. Sejak tahun 2015, konferensi ini diadakan pada bulan Juni, termasuk pada BSDCan 2018 yang digelar dari tanggal 6 sampai 9 Juni 2018 kemarin. Acara BSDCan 2018 dibagi menjadi dua sesi; sesi Tutorials (semacam workshop atau lokakarya) dan acara utama konferensi.

Cukup banyak materi menarik yang disampaikan di acara ini. Namun sayang, dokumentasi berupa video belum akan dirilis dalam waktu dekat.

Berdasarkan cuitan @BSDCan, konferensi mendatang (BSDCan 2019) akan kembali ke jadwal semula: bulan Mei.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top