Hardware

Bocoran Tampilan Fisik dan Antar Muka GNOME Shell pada Ponsel Librem 5

Terus mendekati Januari 2019—​bulan debut rilis ponsel pintar Librem 5 untuk para pendonor—​Purism mematangkan shell antar muka (UI) yang akan menjadi area untuk berjibaku dengan fitur-fitur standar ponsel maupun fitur ekstra yang meningkatkan “nilai jual” Librem 5.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, Librem 5 akan menggunakan GNOME Shell sebagai antar muka utama dengan tetap mendukung Plasma Mobile sebagai antar muka alternatif. Di fase pertama pengembangan GNOME Shell untuk mobile, antar muka ini mendapatkan fitur pengunci layar, pembuka kunci layar berbasis PIN untuk melindungi sesi, layar beranda atau home yang menampilkan daftar aplikasi terinstal terpaginasi, dan bilah atas (top bar) yang menampilkan informasi seperti waktu, baterai, audio, dan jaringan.

Di fase ini, GNOME Shell untuk mobile, Librem 5 khususnya, juga memperoleh bilah bawah (bottom bar) yang menyimulasikan tombol home dan akan muncul ketika pengguna membuka aplikasi. Fitur ini menyimpulkan bahwa Librem 5 akan dipenuhi dengan layar, tidak ada tombol fisik home, back, dsb seperti yang ada pada beberapa ponsel pintar pasaran. Selain itu, GNOME Shell untuk Librem 5 juga siap memperoleh keyboard virtual dan notifikasi panggilan masuk.

Berikut gambaran yang diunggah oleh Direktur Kreatif Librem 5, François Téchené.

Librem 5
Gambar 1. GNOME Shell di Librem 5 (François Téchené)

GNOME Contacts bakal menjadi perkakas andalan yang dipakai di Librem 5. Di perangkat ini nanti, pengembang akan membenamkan beberapa kolom tambahan yang dapat diisi dengan aplikasi komunikasi tambahan. Contohnya, saya memiliki kontak bernama Andi lengkap dengan nomor teleponnya beserta akun Matrix, Telegram, Mastodon, dll.

Fisik Librem 5

Di kabar kali ini, pengembang juga mulai memberi gambaran ukuran ponsel Librem 5. François menyebutkan, mereka akan membangun Librem 5 dengan layar 5,5 sampai 5,7 inchi dan rasio 18:9 dengan baterai yang besar tanpa mengorbankan bentuk ponsel.

Bagian layar, Librem 5 akan memiliki bevel setipis mungkin, kecuali pada bagian atas yang lebih lebar sebagai lokasi speaker.

Librem 5
Gambar 2. Fisik Librem 5 (François Téchené)

Setelah ini, akan ada kabar menarik seputar dukungan antar muka multitasking dan aplikasi notifikasi yang lebih fleksibel.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Bocoran Tampilan Fisik dan Antar Muka GNOME Shell pada Ponsel Librem 5

  1. sofiul+ says:

    Liat librem 5 kaya liat nokia lumia. btw, apa gak berat ya memakai gnome di smartphone? 😀

    1. Librem 5 akan menggunakan GNOME Shell untuk mobile jadi mestinya penanganannya beda dari GNOME Shell untuk desktop yang populer karena beratnya. Mirip seperti kasus Manokwari yang secara teknis adalah shell yang berjalan di atas GNOME. Apakah Manokwari seberat GNOME? Tidak 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top