Distro elementaryos

Bocoran Tampilan Perkakas Penginstal Baru untuk Elementary OS 5.0 Juno

Elementary dan System76 beberapa bulan terakhir bekerja sama membangun perkakas penginstal (installer) untuk distribusi GNU/Linux elementary OS dan Pop!OS. Pembagian tugasnya, elementary mengerjakan tampilan antar muka (front-end) sedangkan System76 mengerjakan back-end.

Kita penasaran, mengapa mereka lebih memilih membangun perkakas penginstal sendiri alih-alih memanfaatkan yang sudah ada untuk kemudian dirombak sesuai keinginan? Seperti perkakas penginstal Ubiquity (penginstal yang saat ini digunakan kedua distribusi), Anaconda, Calamares, dll.

Rasa penasaran ini terjawab, Daniel Fore menyampaikan, penginstal yang sudah ada terasa lawas, kompleks, dan mengasumsikan teknologi tertentu tidak ada. “Kami menetapkan dan menyetujui untuk membangun pustaka penginstal yang sangat simpel, open source, penginstal yang berorientasi pada tujuan (dalam arti pengembang distribusi bisa menambahkan atau mengurangi apapun -pen) yang langsung dapat bekerja memasang SO ke driver dengan sederhana dan secepat mungkin,” terangnya.

Salah satu hasil dari penginstal buatan sendiri ini adalah perkakas distinst.

Bocoran tampilan perkakas penginstal

Sebagai pengembang antar muka penginstal, elementary memanfaatkan teknologi GTK+ dan Vala. Dua jenis tampilan antar muka yang dibangun adalah tampilan side-by-side dual pane serta alert-type.

elementary OS
Gambar 1. Antar muka penginstal side-by-side dual pane
elementary OS
Gambar 2. Antar muka penginstal alert-type

“Apapun dapat dikustom sedemikian rupa melalui Gtk.CSS, artinya perusahaan seperti System76 dapat membuat pengalaman (fitur) khas tanpa perlu mem-fork atau menyediakan versi terpisah penginstal,” jelasnya.

Pengembang elementary OS akan terus meningkatkan antar muka guna mengejar rilis 5.0 Juno. Sementara itu, mereka juga aktif menggarap perkakas initial-setup.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Bocoran Tampilan Perkakas Penginstal Baru untuk Elementary OS 5.0 Juno

  1. Handoko says:

    mantap, sebener nya suka sama ni os tapi karena ga bisa nampilin detik d jam terpaksa pindah ke lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top