BlankOn Distro

BlankOn XI Uluwatu RC4 Diluncurkan, Dukungan Flatpak Masih Berlangsung

Siapa yang tidak sabar menunggu BlankOn XI Uluwatu?

Awal bulan ini, manajer rilis BlankOn Estu Fardani mengumumkan BlankOn Uluwatu Jahitan RC4 (kandidat rilis empat). Yoot …​ semakin dekat dengan rilis final!

Dilihat dari beberapa catatan perubahan yang disampaikan oleh Estu yang sebagian besar juga sudah kami sorot pada kabar-kabar sebelumnya, tidak ada perubahan besar yang bakal dibenamkan di rilis BlankOn XI Uluwatu, kecuali jika milestone dukungan Flatpak sukses dibenamkan GNOME Software dan dukungan Webkit2 berhasil dimasukkan pada Manokwari.

Flatpak di BlankOn

Ini merupakan kejutan. Flatpak adalah sistem manajemen dan sistem kontainerisasi paket aplikasi yang dibangun oleh Red Hat, seperti Snap yang dibangun oleh Canonical. Apabila BlankOn membenamkan dukungan Flatpak pada “toko aplikasi” GNOME Software, dapat dipastikan kamu dapat memasang paket aplikasi segar tanpa perlu menunggu BlankOn memaketkan paket aplikasi ke dalam repositori mereka.

BlankOn

Dengan dukungan Flatpak pula, kamu dapat memastikan bahwa sistem operasi BlankOn akan tetap berjalan normal dan aman meskipun paket aplikasi Flatpak tertentu yang kamu pasang memiliki bug atau kecacatan kritis. Oiya, Flatpak juga bakal memperkenankan kamu memasang paket aplikasi dari beragam sumber, termasuk dari repositori populer flathub.org.

Belum ada keterangan detail seputar dukungan Flatpak pada GNOME yang saat ini masih diolah oleh tim pengembang. Namun saya ingat, di acara LibreOffice Conference Indonesia kemarin, pak manajer rilis terus didorong untuk membenamkan dukungan Flatpak di XI Uluwatu.

Webkit2 di Manokwari

Banyak faktor mengapa Manokwari harus segera mendukung Webkit2, salah satunya karena Webkit yang saat ini masih dibenamkan pada Manokwari sebenarnya sudah usang dan juga memiliki banyak kerentanan. Fadlun Akbar alias alunux, kontributor Manokwari, lah yang mendorong dan menginisiasi pembaruan Webkit pada Manokwari.

Belum dapat dipastikan apakah pembaruan Webkit akan terjadi pada BlankOn XI Uluwatu final. Namun, bila dilihat dari tidak mudahnya proses peningkatan Webkit, saya sangsi milestone dukungan Webkit2 dapat terpenuhi di rilis ini.

Perbarui/perbaiki BlankOn Installer dan tampilan, benamkan GNOME Software

BlankOn Uluwatu Jahitan RC4 telah membenamkan BlankOn Installer 1.42 yang menyediakan pembenahan resolusi 16:9 dan pembenahan dukungan EFI, selain itu ia juga menyertakan Manokwari 1.0.20 yang membawa perbaikan UI dan fungsi drag & drop pada desktop serta menyertakan dukungan GNOME Software setelah pengembang berhasil memperbaiki info data Appstream. Walaupun pembaruan terakhir relatif sukses, masih ada bug pada data Appstream yang dianggap menjadi pemblokir rilis.

Pada tampilan, pra-rilis ini berhasil menyelesaikan tema Uluwatu dan memperbarui latar belakang GRUB dengan tema Uluwatu, mengubah semua informasi detail ke kode rilis BlankOn terkini, dsb.

Estu menegaskan, ada dua bug yang sudah terdeteksi yang saat ini masih dalam proses perbaikan, yakni, notifikasi galat saat pertama kali membuka GNOME Software Center (seperti yang disinggung di atas, ini berhubungan pada data Appstream) serta kegagalan sistem saat memasang EFI dari lumbung CD lokal. Saat ini, para pengembang juga sedang mempertimbangkan adaptasi Debian DAK pada rilis ini.

Untuk mengunduh citra ISO BlankOn Uluwatu Jahitan RC4, silakan kunjungi repositori ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top