Berita

BlankOn, Ridon, dan Btech Jadi Narasumber, InKUR Selenggarakan Sarasehan di Danau Toba, Sumut

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dipunyai dan dioperasikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama. Organisasi ini bergerak berdasarkan prinsip ekonomi rakyat dan berlandaskan asas kekeluargaan. Di Indonesia sendiri, Koperasi dinaungi oleh UU no. 25 tahun 1992.

Koperasi terus berbenah dan memodernkan diri. Dalam sebuah kesempatan, kamu pasti pernah mendengar bahwa Kementerian Koperasi dan UKM pernah meluncurkan e-Koperasi guna mempermudah pelaku UKM untuk mengelola koperasi. Tidak berhenti di situ, era kekinian koperasi terus disambut dengan teknologi-teknologi anyar yang tentu akan semakin memajukan organisasi ekonomi ini.

Sarasehan Teknologi Informasi Koperasi Danau Toba
Gambar 1. Sarasehan Teknologi Informasi Koperasi (sumber: Ahmad Haris)

Selama empat hari, Induk Koperasi Usaha Rakyat atau InKUR menyelenggarakan Sarasehan Teknologi Informasi Koperasi dengan tema Memberdayakan Anggota Koperasi dengan Teknologi Branchless Banking dan Aplikasi Bisnis Berbasis Teknologi Internet di Hotel Patra Comfort, Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara. Cukup banyak narasumber yang mengisi acara ini, beberapa di antaranya pasti tidak asing lagi, sebut saja BlankOn, Ridon, dan Btech.

Acara ini dimulai pada hari Rabu 18 April sampai Minggu 22 April 2018. Sarasehan ini dimulai dengan mendiskusikan koperasi, mendemokan aplikasi koperasi beserta fitur-fitur barunya, serta membahas teknologi awan, OpenStack, dan Kubernetes. Pada hari kedua, sarasehan membahas sertifikat dan tanda tangan digital serta membahas Ridon dan MyCoop App. Di hari ketiga merupakan sesi review acara dan tur kota. Sesuai keterangan di atas, acara ini masih berlangsung hari ini dan besok.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top