Berita

Berkontribusi Lebih Jauh dengan Program Orange League dari Endless

Jika kita mengaku sebagai pengguna FLOSS (Free/Libre Open Source Software) terutama distribusi GNU/Linux, kita perlu merenung sejenak di atas balkon sambil menatap bulan dan bintang di malam yang syahdu. Apakah kita sekadar menjadi pengguna atau ingin naik level menjadi kontributor?

Dengan menjadi pengguna, kita sebenarnya juga sudah berkontribusi, tetapi, tentu, masih di level pengguna. Kita hanya menaikkan basis pengguna aplikasi FLOSS tertentu, tidak lebih.

Ada sebuah pernyataan dari seorang kawan dan beberapa pegiat FLOSS lokal, kurang lebih, “adalah sebuah hal picik jika kita menggaungkan FLOSS tanpa pernah berkontribusi.” Buat yang setuju, angkat tangan!

Kamu mulai tergerak ingin ikut berkontribusi pada proyek FLOSS favorit? Ini saatnya. Khusus untuk proyek Endless, bulan Maret kemarin tim pengembang mengumumkan program Orange League melalui forum komunitas Endless OS.

Makan siang Endless
Gambar 1. Saya, saat mengikuti makan siang bersama Nuritzi Sanchez dan Endless Ambassador Siska Iskandar (Rania Amina). Komentar: omong-omong ini foto lawas, bukan karena program Orange League yaaa …

Struktur komunitas Endless OS terbagi menjadi tiga tingkat. Tingkat awal adalah “program” standar: Endless Community. Saat kontribusi para pengguna meningkat, kata Nuritzi Sanchez lewat laman yang sama, dan mereka memiliki tekad untuk memimpin, mereka dapat bergabung di Orange League. Tingkat terakhir adalah sebagai Endless Ambassador yang sangat cocok bagi pengguna yang memiliki tingkat aktivitas dan tanggung jawab yang tinggi serta kedekatan dengan proyek Endless yang sangat baik.

Di Indonesia, Endless Ambassador sudah terbentuk. Kamu dapat melihat anggota-anggotanya melalui artikel ini. Apakah Endless Ambassador dapat menambah anggota lagi? Masih ada kemungkinan. Jika kita mendaftar program ini, kita akan masuk ke dalam daftar tunggu.

Program Orange League

Orange League adalah program yang dibentuk oleh Endless untuk menyambut kontributor-kontributor baru yang ingin meningkatkan kode, desain, dan penerjemahan Endless. Tidak terbatas pada tiga area tersebut, anggota program ini juga berkontribusi meningkatkan pemeliharaan dan aktivitas-aktivitas lain yang menguntungkan Endless Community.

Endless OS adalah salah satu proyek yang layak untuk dijadikan ladang kontribusi. Apalagi, di Indonesia, proyek ini sedang gencar-gencarnya melakukan promosi di kalangan komunitas FLOSS, salah satunya saat membuka booth dan menyediakan beragam hadiah di LibreOffice Conference Indonesia 2018 kemarin.

Apabila kamu tertarik ingin lebih jauh berkontribusi di Endless, silakan kunjungi tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top