Distro

Berbasis Ubuntu 16.04.4, Sundara OS 38.10.4 LTS Ultimate Katana Diluncurkan

Rizal Muttaqin, pengembang distribusi GNU/Linux lokal berbasis Ubuntu, mengumumkan rilis anyar Sundara OS 38.10.4 LTS Ultimate Katana. Sundara OS merupakan distribusi berdasar Ubuntu LTS, tetapi untuk rilis Katana ini, ia masih dibangun dari Ubuntu 16.04 belum Ubuntu 18.04.

Sundara OS dengan Manokwari
Gambar 1. Sundara OS dengan Manokwari (sundara-os.blogspot.co.id)

Rilis 38.10.4 LTS hadir sekitar tujuh bulan sejak peluncuran Sundara OS 38.10.3 yang saat itu juga membawa banyak pembaruan, termasuk dukungan desktop environment Manokwari.

Yang baru di Sundara OS 38.10.4 LTS

Sundara OS 38.10.4 LTS membenamkan kernel 4.13.0-37-generic yang berisi peningkatan dukungan perangkat keras serta patch mitigasi kerentanan Meltdown dan Spectre. Di samping itu, ia juga membenamkan Wine 3.0, TeamViewer 13, GCompris 1:0.90-0r1, perangkat lunak pengolah dokumen LibreOffice 6.0.3, dan peramban Firefox 59.0.2.

Perkakas Elforkane dan Otham Quran dibenamkan di sini sebagai pengganti Zekr, ada juga perekam layar format GIF Peek, Redshift untuk mengatur temperatur warna layar, Minbar untuk melihat waktu salat, dan konten islami yang lebih banyak di direktori /usr/share/islamic-content. Guna memperkaya ikon LibreOffice, Sundara OS 38.10.4 juga membenamkan pembaruan ikon Karasa Jaga.

Untuk para pengguna aplikasi desktop publishing Scribus dan pengolah grafis Vektor, rilis ini juga menyediakan buku Jurus Scribus 2.0 dari Pandu Aji Wirawan dan Desain Grafis dengan Inkscape dari Sokibi sebagai media belajar.

Catatan rilis Sundara OS 38.10.4 LTS dapat disimak di tautan ini sedangkan untuk mengunduh citra ISO-nya silakan kunjungi tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top