Distro Ubuntu

Berbasis Layout Traditional, Familiar Akan Jadi Layout Utama Ubuntu MATE 18.04 LTS

Ubuntu MATE 18.04 akan membawa perubahan besar …​ eerrr …​ sebenarnya tak begitu besar. Perubahan tersebut merujuk pada layout baru yang akan dipakai sebagai layout utama, menggantikan layout Traditional.

Layout Traditional adalah layout bawaan desktop environment MATE—​panel bawah dan atas dengan system tray pada pojok kanan atas, menu bar Applications, Places, System, serta taskbar pada bagian bawah dan menu aplikasi dropdown tanpa kolom pencarian. Silakan simak layout Traditional yang dimaksud di mate-desktop.org.

Ubuntu MATE layout Familiar

Di rilis Bionic Beaver bulan April nanti, pengembang akan menjadikan tema baru bernama Familiar sebagai tema bawaan. Pimpinan proyek Ubuntu MATE, Martin Wimpress, menerangkan, Familiar adalah layout Traditional dengan Brisk Menu sebagai pengganti menu bar klasik.

Pengembangan Familiar dimulai sejak awal siklus pengembangan Ubuntu 18.04 LTS. Dengan makin matangnya Brisk Menu, Martin pun memutuskan untuk menerapkan hasil eksperimennya ke dalam layout anyar yang kemudian dijuluki dengan Familiar.

Martin tidak ingin menjadikan perubahan ini sebagai bahan debat seperti kasus sebelumnya. “Kuharap semua mengerti (alasan) rasional dari perubahan ini dan menerimanya, seperti perubahan lain, dibuat untuk menjadikan Ubuntu MATE yang lebih baik dan menghargai bahwa aku sangat berhati-hati lebih lama menulis pos ini dibanding saat membuat layout Familiar dan menjadikannya secara bawaan,” aku Martin.

Meskipun layout Familiar akan menjadi layout utama, para pengguna yang lebih menyukai layout Traditional akan tetap dapat menggunakannya dan mengaktifkannya lewat MATE Tweak.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top