Distro

Berbasis Debian 10, Tim Q4OS Luncurkan Rilis Testing Q4OS 3.1 Centaurus

Siapa yang tidak kenal Q4OS? Ia sebenarnya cukup spesial meskipun “hanya” distribusi turunan Debian. Mengapa spesial? Q4OS merupakan satu-satunya distribusi yang menggunakan TDE (Trinity Desktop Environment) secara bawaan.

Q4OS
Gambar 1. Q4OS Orion dengan desktop TDE

TDE merupakan proyek desktop hasil fork desktop environment KDE 3 sehingga, tentu saja, para penggemar KDE 3 juga akan menyukainya.

Rilis stabil terkini dari distribusi Q4OS adalah Q4OS 2.4 yang diluncurkan bulan Oktober 2017. Sejak saat itu, tim pengembang terus membenamkan banyak pembaruan guna mempersiapkan rilis mayor terbaru.

Calon rilis mayor Q4OS berikutnya

Kemarin, tim Q4OS mengenalkan rilis testing mayor Q4OS 3.1. Dijuluki sebagai Centaurus (nama kode), Q4OS 3.1 merupakan calon rilis yang dibangun dengan basis Debian 10 Buster dan merupakan rilis yang akan didukung minimal lima tahun, dihitung sejak rilis stabil pertama.

Pembaruan yang terlihat di rilis testing ini adalah desktop TDE 14.0.5, tema baru Debonaire, dan pembaruan lain yang juga dapat ditemukan pada Debian 10 Buster.

Sambil menunggu rilis stabil Q4OS Centaurus yang kemungkinan besar belum akan hadir satu tahun ke depan, Anda dapat mencicipi rilis testing-nya dengan mengunduh citra ISO di tautan ini. Saat kabar ini diturunkan, citra ISO hanya tersedia untuk arsitektur 64-bit.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top