BSD

Benamkan Mitigasi Meltdown dan Spectre, TrueOS 18.03 Diluncurkan

Buat penggemar sistem operasi BSD, Ken Moore dari proyek TrueOS mengumumkan rilis anyar TrueOS 18.03. TrueOS adalah sistem operasi berbasis FreeBSD yang ditujukan untuk lingkungan desktop—​lengkap dengan desktop environment ringan dan aplikasi-aplikasi penunjang kerja para pengguna desktop kasual.

TrueOS

TrueOS 18.03 adalah rilis penting, pengembang sendiri menyebutnya demikian. TrueOS 18.04 hadir dengan membawa mitigasi Meltdown dan Spectre. Jangan kaget, selain GNU/Linux, BSD juga menjadi sistem operasi yang terdampak kerentanan pada prosesor Intel tersebut.

Pada kasus mitigasi Meltdown, pengguna mesin virtual semacam FreeBSD jails disarankan untuk meningkatkan versi sistem operasi ke rilis terkini untuk menghindari masalah yang tidak-tidak. Sedangkan pada kasus mitigasi Spectre, TrueOS sudah menerapkan mitigasi untuk Spectre V2. Semua paket aplikasi pihak ketiga pun telah dikompilasi ulang menggunakan LLVM/Clang 6 dengan retpoline.

“Ini memperbaiki banyak isu pada alokasi memori dan memaksa kebutuhan yang lebih ketat pada kode dan penggunaan memori aplikasi,” tutur Ken Moore.

Meskipun demikian, beberapa aplikasi pihak ketiga belum mendukung standar baru untuk mencegah Meltdown dan Spectre sehingga pengembang bergantung pada upstream aplikasi maupun pemelihara port FreeBSD untuk menerapkan hal serupa.

Di samping dua mitigasi kerentanan tersebut, pengembang juga membenamkan LibreSSL 2.6.4, peramban Firefox 58.0.2, Chromium 63, dan Qt5 Webengine 5.9.4.

Jika sebelumnya kamu sudah menggunakan TrueOS 17.12, kamu tak perlu lagi mengunduh citra ISO TrueOS 18.03, kamu hanya perlu memutakhirkannya lewat manajer paket.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top