Free Software Open Source Software

Awal Desember, Kdenlive Adakan Hari Melumat Bug

Dunia FLOSS sangat membutuhkan kolaborasi, kerja sama antar kontributor adalah hal mutlak dilakukan. Kalau tidak ada kontributor, pengembangan aplikasi sebesar Kdenlive hanya akan menjadi aktivitas yang melelahkan di samping menyenangkan karena telah menyajikan perkakas fungsional untuk banyak orang.

Sama kultur, beda istilah. Pernyataan tersebut dapat menggambarkan budaya berburu bug pada proyek perangkat lunak bebas/merdeka (FLOSS). Di dunia LibreOffice, budaya berburu bug dinamai sebagai Sesi Perburuan Bug (Bug Hunting Session) , sedangkan di dunia Kdenlive, ia dinamai dengan Hari Melumat Bug (Squash Bug Day).

Pada awal Desember nanti, tim Kdenlive bakal mengadakan Hari Melumat Bug sebagai persiapan rilis mayor anyar hasil refaktor bulan April 2019 esok. Proses refaktor Kdenlive memang masih berlangsung. Pembaruan, penambahan, dan penghapusan kode ada di sini.

Farid Abdelnour, pembuat video komunitas profesional sekaligus pengembang Kdenlive, menjelaskan, Hari Melumat Bug adalah kesempatan besar yang menarik para pengembang untuk ikut berkontribusi pada pengembangan aplikasi. Walau Farid menyebut “pengembang”, target acara ini luas. Pengguna normal yang tidak pernah memprogram aplikasi pun dapat ikut menguji fitur dan melaporkan bug apabila ditemukan.

Ia menambahkan, tim pengembang telah memprioritaskan ratusan laporan bug. Memilah mana yang kritis, mana yang “biasa”. Bersamaan dengan itu, mereka juga berhasil mengatasi bug-bug tersebut lebih banyak daripada bulan-bulan sebelumnya. “Kami juga telah menulis daftar entri level bug yang dapat Anda mulai (uji),” tuturnya. Buat para pengembang, mereka diperkenankan untuk menulis fitur baru yang diminta oleh pengguna maupun menyelesaikan tantangan perbaikan bug yang tak begitu mencolok. Pokoknya, para pengembang yang ingin mengikuti Hari Melumat Bug disarankan untuk mengerti teknologi Cpp, Qt, QML, maupun KDE Frameworks. Jika paham bahasa C, pengembang disarankan untuk ikut meningkatkan MLT.

Sebagai pemanasan sebelum acara Hari Melumat Bug tanggal 2 Desember, Anda dapat menyimak tautan panduan memulai pada laman ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top