Arch Distro

Arch Linux Terbitkan ISO Baru 2018.05.01, Sertakan Kernel 4.16.5

Arch Linux merupakan distribusi GNU/Linux yang cukup populer di Indonesia, bahkan di dunia. Kepopuleran distribusi ini diakibatkan oleh konsep KISS (Keep It Simple Stupid) dan model rilis bergulir atau rolling release yang diterapkan sejak dulu.

Arch Linux

Sebagai distribusi rilis bergulir, tentu setiap bulannya Arch Linux mendapatkan pembaruan yang sangat banyak dan besar. Bagi para calon pengguna atau pengguna lama yang ingin memasang distribusi ini di komputer baru tentu harus rela mengunduh banyak pembaruan, terutama jika mereka memasang Arch Linux dengan citra ISO yang mereka unduh lebih dari sebulan lalu. Bagi pengguna koneksi internet tak terbatas dan memiliki kecepatan tinggi, tentu hal itu tidak masalah. Berbeda dengan pengguna yang hanya memiliki koneksi dan bandwidth cekak.

Solusinya, pengembang selalu menerbitkan citra ISO anyar setiap awal bulan. ISO tersebut berisi pembaruan yang hadir selama sebulan sebelumnya. ISO anyar yang baru saja diterbitkan oleh pengembang adalah Arch Linux 2018.05.01.

ISO Arch Linux 2018.05.01 berisi kernel Linux 4.16.5. Ini bukanlah kernel terkini karena saat kabar ini diturunkan, kernel terkini adalah versi 4.16.7. Sebagai informasi, kernel 4.16.x adalah rilis kernel yang mulai membenamkan patch mitigasi Spectre dan Meltdown untuk arsitektur ARM64 dan khusus mitigasi Spectre untuk arsitektur IBM System Z atau s390.

Bagi pengguna aktif, kamu tidak perlu mengunduh ISO anyar ini kecuali jika ingin memasang Arch Linux di komputer lain, kamu cukup menjalankan perintah pacman -Syu untuk mendapatkan segala pembaruan yang ditemukan pada ISO tersebut.

Langsung saja, jika ingin mengunduh ISO Arch Linux silakan kunjungi repositori lokal yang disediakan oleh poliwangi.ac.id dan suro.ubaya.ac.id.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top