Arch Distro

Arch Linux 2018.07.01 Jadi ISO Pertama yang Sediakan Kernel Seri 4.17

Mengawali awal bulan Juli 2018, pengembang Arch Linux menerbitkan citra ISO termutakhir yang membawa segala pembaruan yang hadir selama bulan Juni 2018.

Arch Linux merupakan distribusi GNU/Linux bermodel rilis bergulir (rolling release) yang sangat populer. Sebagai distribusi rilis bergulir sekaligus bleeding edge, tentu saja paket-paket gres yang dibenamkan di repositori sangat banyak dan cepat (walaupun mungkin tidak secepat seperti era Arch Linux sebelumnya).

Arch Linux

Efek dari pembaruan yang sangat cepat membuat potensi pembaruan menumpuk besar jika tidak segera diunduh (menggunakan pacman -Syu) oleh pengguna, dengan demikian ISO yang terbit sebulan lalu pun bakal terlihat jadul. ISO anyar yang terbit secara rutin tentu sangat membantu calon pengguna yang ingin memasang Arch Linux dengan mengurangi potensi masalah yang timbul akibat menumpuknya pembaruan.

Rilis ISO Arch Linux 2018.07.01 menjadi ISO terkini yang membenamkan seri kernel 4.17, tepatnya kernel Linux 4.17.3. Ini adalah seri kernel yang membawa banyak sekali pembaruan.

Bagi pengguna aktif Arch Linux, mereka tak perlu mengunduh citra ISO anyar tersebut, mereka hanya perlu menjalankan perintah pacman -Syu seperti biasa kecuali bila ingin memasang Arch Linux di komputer baru atau komputer menganggur. Untuk mengunduh citra ISO Arch Linux terkini, silakan kunjungi cermin lokal poliwangi.ac.id atau ubaya.ac.id.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top