Desktop Environment

Aplikasi Anyar Internet Radio Locator Akan Dibenamkan di GNOME 3.30

Selama beberapa waktu terakhir, proyek GNOME mengembangkan aplikasi baru untuk melengkapi fungsionalitas desktop environment GNOME dan semakin memanjakan para pengguna.

Di siklus pengembangan calon rilis mayor GNOME 3.30, pengembang akan membenamkan aplikasi Internet Radio Locator. Apa itu? Seperti namanya, Internet Radio Locator adalah aplikasi berbasis GUI yang dibangun dengan teknologi GNOME/GTK+ dan didesain untuk membantu pengguna mencari stasiun radio Internet gratis dari beragam pemancar di seluruh dunia.

Aplikasi tersebut dibangun dengan basis GNOME Maps untuk menampilkan peta dunia, pustaka libchamplain dan geocode-lib, serta GStreamer sebagai framework multimedia penyedia playback audio.

Sampai kabar ini diturunkan, Internet Radio Locator telah mendukung pencarian lokasi berbasis teks dengan total 86 stasiun radio yang tersebar di 76 kota-kota di dunia serta mendukung popup penanda peta untuk stasiun radio internet di 35 kota-kota di dunia.

GNOME Internet Radio Locator
Gambar 1. GNOME Internet Radio Locator (GNOME.org)

Pengembang menuliskan, “Anda dapat mengklik popup penanda peta untuk mendengarkan stasiun atau memasukkan nama kota pada kolom masukan berbasis GUI untuk mencari lokasi stasiun radio di kota menggunakan pencarian berbasis teks dengan (fitur) auto-completion,”

Pengembangan GNOME Internet Radio Locator dimulai pada bulan Maret 2017 dan menyentuh versi 1.3.0 Minggu 20 Mei 2018. GNOME 3.30 dijadwalkan meluncur 5 September 2018, dengan kata lain, GNOME Internet Radio Locator akan secara otomatis menjadi aplikasi pelengkap rilis mayor GNOME tersebut. Laman resmi aplikasi tersebut dapat diakses melalui tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top