Free Software Open Source Software

Alldeb Webmaker Rilis Dukungan Ubuntu 18.04, Alldeb Manager Masuk Versi 1.3

Kehadiran Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver merupakan keran pembuka pembaruan proyek FLOSS lainnya, baik proyek internasional maupun lokal, salah satunya proyek Alldeb.

Alldeb merupakan sebuah metode instalasi aplikasi di distribusi Debian/Ubuntu dan turunannya. Secara teknis, Alldeb memiliki konsep seperti berkas penginstal .msi dari Windows. Dalam satu berkas alldeb terdapat aplikasi utama dan dependensi-dependensinya sehingga pengguna dapat saling membagikan berkas .alldeb kepada pengguna lain yang tidak memiliki koneksi internet untuk memasang aplikasi.

Meski begitu, berkas alldeb tersebut tidak asal dibagikan kepada pengguna lain, apabila alldeb yang kamu miliki ditujukan untuk Ubuntu 16.04, tentu ia tidak boleh dibagikan kepada pengguna Ubuntu 18.04 karena isi paket berpotensi konflik. Berkas alldeb tersebut hanya boleh dibagikan kepada pengguna Ubuntu 16.04 juga.

Untuk mendapatkan berkas Alldeb, selain dari meminta pengguna lain, Nif Kurniawan selaku pengembang metode ini menyediakan Alldeb Webmaker yang berisi beragam paket alldeb yang siap di-generate dan diunduh. Pasca rilis 18.04 LTS, akhirnya Alldeb Webmaker telah diperbarui dengan dukungan versi terkini Ubuntu tersebut. “Alldeb.Net telah diupdate; yaitu menambahkan dukungan untuk keluarga Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver,” kata Nif Kurniawan menghubungi Kabar Linux tadi malam.

Alldeb Webmaker untuk Bionic Beaver

Alldeb Webmaker yang dapat dikunjungi melalui tautan ini telah menambahkan profil untuk Ubuntu 18.04 desktop maupun server (terkhusus 64-bit) dan varian-variannya; Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, Ubuntu MATE, Ubuntu Budgie, dll.

Untuk langsung membuat paket aplikasi alldeb dan mengunduhnya, silakan akses www.alldeb.net/webmaker/bionic. Pilih Profil yang diinginkan kemudian Arsitekturnya (64-bit atau 32-bit), lalu dilanjutkan dengan mengetik paket aplikasi alldeb yang ingin dibuat pada kolom Nama Aplikasi. Klik BUAT FILE untuk mulai membuat berkas alldeb.

Berikut tampilan jika saya membuat paket alldeb GIMP, klik Download! untuk mengunduhnya.

Alldeb Webmaker GIMP

Alldeb Manager 1.3

Selain memperbarui Alldeb Webmaker, pengembang juga menerbitkan Alldeb Manager 1.3 yang berisi beberapa perbaikan dan penyesuaian dengan Ubuntu 18.04.

Untuk menggunakan Alldeb Manager, kamu dapat membaca panduannya melalui pos panduan Alldeb.net>

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Alldeb Webmaker Rilis Dukungan Ubuntu 18.04, Alldeb Manager Masuk Versi 1.3

  1. Alldeb.net down ya gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top