Berita

Alldeb Webmaker Dukung BlankOn XI Uluwatu, Buat dan Pasang Paket Alldeb Jadi Lebih Mudah

Di Indonesia, kita memiliki sebuah proyek perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source yang benar-benar fungsional dan memudahkan para pengguna luring distribusi Debian, Ubuntu, maupun turunannya. Dialah Alldeb.

Alldeb memperkenankan pengguna Debian, Ubuntu, dan turunannya untuk saling berbagi “master” aplikasi seperti saat pengguna Windows saling berbagi berkas .msi. Secara teknis, Alldeb menyediakan berkas terkompresi berbentuk .alldeb yang berisi paket aplikasi utama dan dependensi-dependensinya. Contohnya, paket alldeb GIMP untuk Ubuntu 18.04 LTS berisi paket aplikasi utama GIMP dan dependensi python, libva, libgimp, libchromaprint, libaacs, dll.

Yang menarik, proyek Alldeb menyediakan Alldeb Webmaker bagi kita yang ingin membuat dan mengunduh berkas paket Alldeb secara daring. Alldeb Webmaker mendukung Debian, Ubuntu, Linux Mint, dan elementaryOS. Tidak hanya empat distribusi luar, mereka juga menyediakan dukungan distribusi lokal BlankOn Linux.

Tidak seperti dukungan Alldeb Webmaker untuk Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver yang disajikan tak lama dari waktu rilis, Nif Kurniawan selaku pengembang Alldeb sedikit menunda dukungan BlankOn XI Uluwatu karena terdapat bug yang cukup mengganggu pada versi tersebut.

Alldeb Webmaker

Namun, setelah BlankOn menerbitkan rilis perbaikan pertama 11.0.1, akhirnya pengembang membenamkan dukungan BlankOn XI Uluwatu mulai hari ini.

Membuat dan mengunduh paket alldeb untuk BlankOn XI Uluwatu

Untuk membuat dan mengunduh paket alldeb untuk BlankOn XI Uluwatu, silakan langsung kunjungi tautan ini. Karena BlankOn tak lagi mendukung 32-bit, tentu pilihan Arsitektur hanya tersedia 64-bit. Setelah itu, ketikkan nama aplikasi yang ingin kamu buat dan unduh sebagai alldeb pada kolom Nama Aplikasi kemudian klik BUAT FILE.

Tunggu beberapa saat dan …​ taraaaa …​ paket alldeb yang kamu inginkan sudah dapat diunduh.

Perlu dicatat, Alldeb Webmaker hanya dapat dipakai untuk membuat paket Alldeb yang tidak terinstal secara bawaan di distribusi GNU/Linux. Ketika saya mencoba membuat paket alldeb GIMP di BlankOn, muncul keterangan:

== Aplikasi gimp telah terinstall default di profil blankon amd64. File alldeb tidak diperlukan.

Dengan demikian, jika kita ingin membuat paket alldeb GIMP untuk BlankOn XI Uluwatu, kita harus menggunakan skrip alldeb_maker langsung melalui distribusi ini.

Edit: untuk memaksa Alldeb Webmaker membuat paket alldeb untuk distribusi tertentu, BlankOn contohnya, gunakan profil semua varian. Sila simak penjelasan Nif Kurniawan di kolom komentar ๐Ÿ™‚

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “Alldeb Webmaker Dukung BlankOn XI Uluwatu, Buat dan Pasang Paket Alldeb Jadi Lebih Mudah

  1. Nif Kurniawan says:

    Terima kasih banyak telah dimuat di sini ๐Ÿ˜€

    Btw, sedikit penjelasan mengenai kasus Gimp di atas;

    Sebenarnya, ketika kita minta menggunakan Alldeb Webmaker, kurang lebih perintah yang kita berikan adalah :
    “Tolong ambilkan semua paket yang akan saya perlukan untuk memasang Gimp di BlankOn Uluwatu saya, lalu kemas semuanya ke dalam 1 file alldeb”

    Nah, ketika Alldeb Webmaker mengecek bahwa di profil BlankOn Uluwatu ternyata Gimp telah terinstall (dan belum ada update baru di repostory), maka Alldeb Webmaker akan menjawab;
    “Oh, di BlankOn Uluwatu Anda aplikasi Gimp sudah terinstall kok. Anda tidak butuh tambahan paket apapun lagi untuk menikmati Gimp di BlankOn Uluwatu Anda. Tinggal jalankan saja aplikasinya”

    Begitu ๐Ÿ™‚

    1. Nif Kurniawan says:

      Nah, lalu bagaimana jika kita ingin mengatakan;
      “Tolong abaikan semua paket atau aplikasi yang telah terinstall di komputer saya. Anggap saja di komputer saya belum terinstall apa-apa”

      Bisa ๐Ÿ™‚
      Kita tinggal menggunakan profil universal (‘semua build’ / ‘semua varian’).

      Dengan profil ini, Alldeb Webmaker akan menganggap bahwa di komputer kita belum ada apapun yang terinstall. Sehingga aplikasi apapun yang kita minta, Alldeb Webmaker akan membuatkannya beserta dengan semua paket dependensinya hingga yang paling dasar (konsekuensinya, ukuran file alldeb yang dihasilkan otomatis akan lebih besar)

      1. Hoho, terima kasih mas Nif buat penjelasannya ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top