Berita

Akibat Penerapan VST 2, Lebih dari 200 Repositori SlackBuild Kena Tuntut DMCA

Sebelum lebaran, tersiar kabar tidak menyenangkan dari repositori pihak ketiga untuk distribusi Slackware, SlackBuilds.org atau selanjutnya disebut dengan SBo.

Beberapa orang yang melakukan fork repositori SBo di GitHub memperoleh pemberitahuan DMCA Takedown. DMCA atau Digital Millennium Copyright Act merupakan payung hukum penerapan hak cipta dari Amerika yang dibuat berdasarkan perjanjian atau pakta Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) tahun 1996. Dengan DMCA, seseorang yang menerapkan hal tersebut pada karyanya berhak menuntut orang lain yang telah melanggar hak ciptanya untuk menghapusnya.

Perusahaan bernama Steinberg menerapkan DMCA pada perangkat lunak VST 2 yang mereka bangun. VST (Virtual Studio Technology) merupakan antar muka perangkat lunak plugin audio yang mengintegrasikan software synthesizer dan efek pada digital audio workstations (DAW). Sejak tahun 2013, SDK VST 2 tak lagi dipelihara oleh perusahaan tersebut, mereka fokus membangun SDK VST 3.

slackbuilds

Meskipun tak lagi didukung, penerapan VST 2 masih bebas. Namun, hal ini berhenti ketika Steinberg memutuskan untuk mematikan total VST 2 pada bulan Oktober 2018 besok.

Apa yang terjadi pada repositori SBo adalah tuntutan Steinberg untuk segera menghapus berkas header aeffect.h dan aeffectx.h (berkas yang ada pada VST) pada skrip jack-tools. Menurut keterangan kontributor Slackware sekaligus salah satu admin SBo, Willy Sudiarto R dalam blognya, tuntutan DMCA Takedown terjadi pada lebih dari 200 repositori, dua di antaranya adalah repositori milik Willy dan kontributor lain, Widya Walesa.

Para admin SBo mengatasi ini dengan sangat serius, mereka menghapus komit dan histori yang berhubungan dengan aeffect.h dan aeffect.h pada branch master dan 14.2. “Ini bukanlah hal sepele karena komit yang telibat sebanyak 11867 sejak 2017-02-04,” jelasnya.

Bagi pemelihara paket SBo, disarankan untuk ikut menyunting komit sejak tanggal di atas dengan mengikuti caranya pada tautan ini. Namun, lebih gampang jika kita langsung mengklona repositori terkini SBo yang ada di git.slackbuilds.org/slackbuilds/.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top