Distro

Akhirnya, Endless OS 3.3.10 Sediakan Fitur untuk Matikan Pembaruan Otomatis

Nuritzi Sanchez, salah satu tim pengembang Endless, beberapa hari lalu mengumumkan rilis pemeliharaan kesepuluh untuk seri 3.3. Endless OS merupakan sistem operasi GNU/Linux “kekinian” yang saat ini tengah menjadi perbincangan khalayak di Indonesia (setidaknya perbincangan dengan topik sistem operasi apa ini, kok udah ada di laptop?).

Akhirnya, setelah ditunggu-tunggu, Endless OS 3.3.10 membawa fitur untuk menonaktifkan pembaruan otomatis. Beberapa pengguna Endless OS, termasuk pembaca Kabar Linux, selama ini merasa kerepotan dengan fitur pembaruan otomatis (lihat pos di forum ini), khususnya bagi pengguna yang memiliki bandwidth dan kuota terbatas.

Untuk menonaktifkan pembaruan otomatis, silakan buka App Center lalu pencet tombol di pojok kiri atas dan hapus centang pada Automatic updates. Lihat gambar di bawah ini.

Endless OS
Gambar 1. Pengaturan pembaruan otomatis Endless OS

Alihkan lebih banyak aplikasi ke Flathub, tingkatkan dukungan grafis Nvidia

Sejak beralih ke Flatpak sebagai perkakas pengelola paket, beberapa aplikasi diambil dari Flathub, sebagian lainnya disediakan sendiri oleh Endless OS. Di rilis ini, semakin banyak paket Flatpak yang disediakan Flathub, semakin sedikit pula paket yang perlu dipelihara sendiri oleh Endless. Beberapa paket flatpak pada Endless OS 3.3.10 dihapuskan dan langsung mengambil dari Flathub.

“Dengan rilis ini, beberapa aplikasi pada App Center yang sebelumnya disediakan oleh Endless kini akan disediakan oleh komunitas Flathub,” tutur Nuritzi.

Endless meyakinkan pengguna bahwa paket flatpak dari Flathub dijamin lebih berkualitas. Paket flatpak yang dimaksud di antaranya, Slack, Android Studio, Atom, VLC, Inkscape, Pitivi, Steam, Spotify Tuxpaint, Transmission, dll.

Di samping itu, Endless OS 3.3.10 juga meningkatkan kecepatan peluncuran aplikasi, meningkatkan instalasi dual-boot, serta akan menjadikan driver Nvidia sebagai driver utama pengganti nouveau. “Ini berarti bakal lebih banyak dukungan fitur baru (seperti audio HDMI),” tuturnya.

Walaupun begitu, tidak semua perangkat komputer dapat diuji oleh pengembang, jadi sewaktu-waktu komputer dengan grafis Nvidia yang Anda pakai mungkin saja bermasalah, sehingga Anda harus melaporkannya melalui tautan ini supaya segera ditangani oleh pihak Endless.

Bagi Anda pengguna aktif Endless OS, dipastikan akan mendapatkan pembaruan ini secara otomatis. Namun, jika Anda ingin mengunduh berkas ISO-nya, silakan kunjungi endlessos.com.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top