Distro Linux Mint

Akan Dirilis Mei atau Juni 2018, Linux Mint 19 Peroleh Nama Kode

Pengembang Linux Mint tahun ini akan segera fokus menggarap Linux Mint 19 dan varian nonpopuler, Linux Mint Debian Edition (LMDE) 3.

Linux Mint

Jika Anda selama ini menggunakan atau setidaknya mengikuti perkembangan Linux Mint, distribusi ini selalu menggunakan nama perempuan sebagai nama kode di setiap rilisnya. Mirip seperti Ubuntu, nama kode ini urut sesuai abjad. Bedanya, nama kode Linux Mint akan menggunakan abjad yang sama di setiap rilis minor. Contoh kasusnya, Linux Mint 18 “Sarah”, Linux Mint 18.1 “Serena”, Linux Mint 18.2 “Sonya”, dan Linux Mint 18.3 “Sylvia”.

Bagaimana dengan Linux Mint 19? Setelah abjad “S”, tentu saja adalah abjad “T”. Dari pengumuman terbaru yang disampaikan oleh tim Linux Mint, Linux Mint 19 mendapatkan nama kode “Tara”. “Rilis pertama di seri Linux Mint 19.x yang akan datang akan diberi nama ‘Tara’. Tara merupakan nama populer yang ada di sini Irlandia, dan merupakan nama seseorang yang kami sukai ;)” Terang pengembang.

Siklus pengembangan Linux Mint 19 Tara

Rilis ini bakal menjadi rilis mayor karena akan melompat ke Ubuntu 18.04 LTS sebagai basis sistemnya. Bagi Anda yang tidak tahu, Linux Mint 18.x merupakan rilis berbasis Ubuntu 16.04 LTS. Linux Mint 19 Tara dijadwalkan meluncur sekitar bulan Mei atau Juni 2018 atau sebulan sampai dua bulan pasca rilis Ubuntu 18.04 LTS. Seperti rilis sebelumnya, Linux Mint 19 akan didukung selama 5 tahun (sampai 2023).

Salah satu pembaruan mayor yang akan dibenamkan di Tara adalah GTK 3.22.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “Akan Dirilis Mei atau Juni 2018, Linux Mint 19 Peroleh Nama Kode

  1. anan234 says:

    mantab nih patut ditunggu sebagai pengguna Mint
    btw font nya keknya ketebelan gan 🙂

    1. Wah kalau terlihat ketebelan, kayakanya saya ganti ke fon Ubuntu lagi mas. Terima kasih umpan baliknya 😀

  2. Ada inovasi baru ga di mint 19.x min?

    1. Sampai saat ini yang saya tahu baru implementasi GNOME 3.22 mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top