Distro

Agustus 2018, Budgie-remix 16.04 Masuk Masa ‘End of Life’

Sebelum resmi menjadi varian Ubuntu (Ubuntu flavor), Ubuntu Budgie menamakan diri sebagai Budgie-remix. Budgie Remix pertama kali hadir dengan basis 16.04 LTS sebagai distribusi berbasis Ubuntu dengan Budgie sebagai desktop environment utamanya.

Dirilis pada tahun 2016, Budgie-remix 16.04 terus dipelihara hingga saat ini, setidaknya sampai sebelum bulan Agustus 2018. Pendiri dan pimpinan pengembangan Ubuntu Budgie, David Mohammed, menyampaikan bahwa mereka akan menghentikan dukungan Budgie-remix 16.04 mulai awal Agustus 2018. “Dengan berat hati …​”, begitu tuturnya.

Ubuntu Budgie

Keberathatian David sangat wajar karena Budgie-remix adalah proyek pertama mereka. Meskipun bukanlah varian Ubuntu resmi pada waktu itu, Budgie-remix cukup populer dan telah diunduh sebanyak hampir 250.000 kali sejak dirilis pada bulan April 2016.

Tak sepenuhnya EOL (End of Life)

Walaupun dukungan Budgie-remix 16.04 akan dihentikan mulai Agustus 2018, pengembang tak akan langsung merelakannya begitu saja. Budgie-remix tetap akan mendapatkan pembaruan paling tidak selama satu tahun lagi karena komponen yang dipakai oleh Budgie-remix juga merupakan komponen yang dibenamkan oleh Ubuntu GNOME dan keduanya sama-sama berada di versi 16.04.4.

Jika mengikuti dukungan kernel dari Ubuntu, Budgie-remix 16.04 pun tetap akan mendapatkan pembaruan kernel selama lima tahun ke depan.

Penting untuk dicatat, pengembang tetap menyarankan pengguna Budgie-remix untuk segera beranjak dan memutakhirkannya ke Ubuntu Budgie 18.04 yang dapat diunduh melalui ubuntubudgie.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top