Distro Ubuntu

Yang Baru di Varian (Flavors) Ubuntu 17.10

Bersamaan dengan hadirnya Ubuntu 17.10 Artful Aardvark, para pengembang varian (flavors) Ubuntu meluncurkan masing-masing proyek distribusi versi 17.10 (yang tentu saja masih mendukung ISO 32-bit).

Sebelum menyimak satu persatu varian, apa kabar dengan Ubuntu GNOME? Salah satu varian Ubuntu yang populer di masa Ubuntu menggunakan Unity ini resmi dianggap usang karena Ubuntu 17.10 sendiri memakai desktop GNOME. Tim pengembang varian Ubuntu GNOME, entah beberapa atau justru semuanya, bergabung dengan tim Ubuntu desktop sebagai upaya untuk mengintegrasikan fitur-fitur yang sudah ada di Ubuntu GNOME dan di Ubuntu utama.

Langsung saja, ini dia varian-varian Ubuntu 17.10.

Kubuntu 17.10

Varian Ubuntu ini menggunakan desktop environment Kubuntu 5.10.5 LTS dengan KDE Applications 17.04.

Kubuntu
Figure 1. Kubuntu.org

Beberapa pembaruan yang dapat ditemukan di rilis ini adalah manajer paket Muon yang dibenamkan sebagai alternatif Plasma Discover, VLC yang menggantikan Dragonplayer sebagai pemutar media, pemutar musik Cantata Q5 yang menggantikan Amarok, KTorrent yang ditingkatkan ke versi 5.1 dengan basis Qt 5.9.1, dihapusnya klien perpesanan Telepathy, dsb.

Untuk mengunduh Kubuntu 17.10 silakan rujuk tautan ini.

Lubuntu 17.10

Meski mengikuti pembaruan-pembaruan yang ada di rilis utama Ubuntu 17.10, Lubuntu hanya fokus membenahi bug karena pengembang lebih mempersiapkan desktop environment LXQt sebagai pengganti LXDE di rilis mendatang.

Lubuntu
Figure 2. Lubuntu.me

Anda dapat mengunjungi tautan ini untuk mengunduh ISO-nya.

Ubuntu Budgie 17.10

Banyak sekali pembaruan yang ada di varian ini, termasuk penggunaan desktop Budgie 10.4, penggantian GNOME Photos dengan gThumb, peralihan dari Terminix ke Tilix dan penambahan dukungan mode Tilix Quake dengan shortcut F12, penggantian login screen dari lightdm-gtk-greeter ke slick-greeter, pembaruan screen lock, dan GNOME Settings (GNOME Control Center), dll.

Ubuntu Budgie
Figure 3. ubuntubudgie.org

Untuk mengunduh Ubuntu Budgie silakan kunjungi ubuntubudgie.org.

Ubuntu MATE 17.10

Ubuntu MATE 17.10 termasuk rilis anyar yang ramai, apalagi dengan adanya pembaruan Panel Layout; Mutiny, Cupertino, Redmond, Pantheon, Contemporary, Netbook, dan Traditional (layout standar). Bagi yang ingin menikmati lingkungan mirip Unity, kami sarankan untuk menggunakan Mutiny 😉

Ubuntu MATE
Figure 4. Ubuntu MATE dengan Mutiny (ubuntu-mate.org)

Selain itu, rilis ini juga membawa pembaruan Global Menu, Super Key, HUD (Heads-Up Display), indikator (Bluetooth, Power, Network, Session, dsb), dan MATE Tweak. Sesuai keterangan pengembang kemarin, Ubuntu MATE 17.10 menjadi distro pertama yang membenamkan paket berbasis snap (pulsemixer) secara default.

Anda dapat mengunduh citra ISO Ubuntu MATE 17.10 melalui laman resmi ubuntu-mate.org.

Xubuntu 17.10

Xubuntu 17.10 memperbarui cukup banyak paket yang mencakup LibreOffice 5.4, Firefox 56, Thunderbird 52.4, dan juga memperbarui beberapa komponen seperti CSD, wallpaper, GTK+ 3.26, dll.

Xubuntu
Figure 5. Xubuntu 16.04 (xubuntu.org)

Silakan kunjungi tautan ini untuk mengunduh berkas ISO-nya.

Ubuntu Studio 17.10

Varian Ubuntu yang difokuskan untuk lingkungan multimedia ini membawa banyak perangkat lunak baru, termasuk Kdenlive 17.08.2, Blender 2.78.c, GIMP 2.8.20, Krita 3.2.1, Ardour 5.11.0, qJackCtl 0.4.5, Scribus 1.4.6, Pitivi 0.98.1, Darktable 2.2.5, dan Inkscape 0.92.2.

Ingin mengunduh Ubuntu Studio 17.10? Silakan kunjungi repositori resmi.

Ubuntu Kylin 17.10

Varian Ubuntu yang dikhususkan untuk pasar Tiongkok ini telah memperbarui desktop environment, Kylin Assistant, Software center, dan Kylin Video. Begitu juga memperbarui dukungan WPS, Wendu Foxit Reader, dan Sogou Pinyin.

Untuk mengunduh rilis ini, silakan kunjungi tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top