Berita

Yahoo Luncurkan Kode Mesin Pencarian Sebagai Proyek Bebas dan Terbuka

Yahoo resmi meluncurkan kode mesin pencarian milik mereka sebagai proyek FLOSS. Selama ini, Yahoo mengalihkan beberapa proyek menjadi FLOSS, satu yang populer adalah proyek big data Hadoop, tetapi tak sedikit orang yang ragu jika Yahoo masih melakukan tradisi tersebut di bawah Verizon.

Keraguan itu terbantahkan, setelah kemarin Yahoo merilis Vespa, kode mesin pencarian, sabagi proyek FLOSS dengan lisensi Apache 2.0. Verspa merupakan proyek yang diambil dari kode Yahoo pasca pengakuisisian AlltheWeb oleh perusahaan penyedia layanan posel dan mesin pencari ini pada tahun 2003. Vespa sendiri merupakan platform yang dipakai di Flickr, untuk mencari gambar dengan lebih cepat.

Vespa
Figure 1. Repositori git Vespa

“Selama dua tahun terakhir kami telah menulis ulang sebagian besar mesin dari awal untuk menyatukan pengalaman kami dengan teknologi-teknologi modern,” terang arsitek Vespa Jon Bratseth via blog resmi Vespa. “Vespa merupakan ranah dan baris kode terbesar dibandingkan proyek-proyek open-source yang pernah kami rilis. Kini, perkakas yang telah dibuktikan oleh Yahoo di mesin terbesar dan sistem terkritis, kami rilis dengan bangga ke dunia.

Bratseth menyebutkan, Vespa mampu memproses dan menyediakan konten maupun iklan hampir 90.000 kali setiap detik dengan latensi puluhan milidetik. Di lingkungan Flickr, Vespa mampu menjalankan ribuan kueri pencarian gambar atau kata kunci per detik pada puluhan milyar gambar yang tersimpan di server.

Vespa cukup fleksibel. Ia dapat dipasang di lingkungan awan, laptop, maupun AWS. Pun dapat dipasang dari citra docker dan paket RPM.

Untuk melihat kode Vespa, silakan rujuk repositorinya di GitHub.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top