Distro

Whonix, Distro untuk Pemerhati Keamanan dan Privasi

Whonix

Sistem operasi GNU/Linux bisa melakukan apapun! Salah satu contohnya adalah melindungi privasi dan keamanan pengguna. Distro terpopuler yang mampu melakukan hal tersebut adalah Tails, distro berbasis Debian yang diakui oleh Edward Snowden.

Bagi Anda yang mencari alternatif lain dari distro Tails, perkenalkan distro Whonix. Disebutkan laman wiki Whonix, Whonix adalah sistem operasi desktop bebas/merdeka yang didesain untuk memutakhirkan jaminan keamanan dan privasi.

Perbedaan utama dari kedua distro tersebut, Tail fokus dijalankan sebagai sistem operasi live sedangkan Whonix dijalankan sebagai sistem operasi virtual. Berjalannya Whonix sebagai sistem virtual menjadikan distro ini semakin aman, mengingat potensi terlacaknya sistem operasi host mendekati nol.

Untuk terkoneksi dengan dunia luar (internet), Whonix memanfaatkan jaringan Tor yang akan melindungi pengguna dari usaha analisis trafik penyedia layanan internet atau siapapun dengan cara melambung-lambungkan jalur komunikasi pengguna di antara jaringan terdistribusi yang disediakan oleh relawan global.

Kemampuan Whonix

Seperti yang sempat disinggung di atas. Whonix menjamin keamanan dan privasi pengguna dengan memanfaatkan Tor. Segala komunikasi dengan dunia luar hanya diijinkan melewati Tor. Beberapa potensi pelanggaran keamanan dan privasi dapat dimatikan, seperti:

  • kebocoran DNS.
  • malware yang melacak alamat IP pengguna.
  • dan celah aplikasi apapun yang diakibatkan oleh upstream maupun pengguna.

Secara teknis, Whonix memiliki dua bagian penting, Whonix-Gateway dan Whonix-Workstation. Whonix-Gateway bertugas menjalankan proses Tor dengan beraksi sebagai gateaway sedangkan Whonix-Workstation bertugas menjalankan aplikasi pengguna dalam jaringan terisolasi.

Unduh Whonix

Pengembang menyediakan dua image berbeda untuk penggunanya. Bagi pengguna Windows, macOS, dan GNU/Linux umum, dapat mengunduh berkas OVA-nya di tautan ini. Sedangkan untuk pengguna distro Qubes OS, Anda dapat menginstal template Whonix (tutorialnya dapat dilihat di tautan ini).

Situs resmi Whonix dapat diakses di www.whonix.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Whonix, Distro untuk Pemerhati Keamanan dan Privasi

  1. Muhammad Fathurridlo says:

    Ada tipo nih om

    Secara teknis, Whonix memiliki dua bagian penting, Whonix-Gateway dan Whonix-[Warkstation.]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top