Distro

Vakum Cukup Lama, Pinguy OS 14.04.5 Meluncur dengan Paket-paket Baru

Pada bulan Mei 2016, pengembangan Pinguy OS dihentikan karena tidak adanya dukungan finansial. Pinguy OS adalah distribusi GNU/Linux berbasis Ubuntu yang dibangun oleh Antoni Norman.

Pinguy OS

Saat itu, Antoni mengeluh karena selama setahun sebelum penghentian proyek ia membiayai semua pengembangannya sendiri. Ia mencoba bertahan dengan membangun Pinguy Builder, perangkat hasil fork remastersys, siapa tahu dari hasil pengembangan Pinguy Builder banyak orang tertarik untuk berdonasi. Ternyata harapan itu pupus.

Sejak saat itu tak ada kabar dari proyek Pinguy OS maupun Antoni Norman, walau selama itu pula situs Pinguy OS (pinguyos.com) tetap hidup, begitu juga dengan forumnya. Selang beberapa bulan, tepat Juni 2017, Antoni kembali aktif (meski tidak seaktif sebelumnya) dengan meluncurkan pembaruan Pinguy OS. Ini merupakan Pinguy OS versi Personal Build, dalam arti dipakai sendiri oleh Antoni tidak mewakili proyek Pinguy OS.

Beberapa bulan kemudian atau 20 November kemarin, Antoni kembali memperbarui Pinguy OS Personal Build miliknya ke versi 14.04.5 . Di pembaruan ini, ia telah membenamkan pemutar media SMPlayer dengan backend MPV sebagai pengganti VLC, membenamkan Kodi 17 sebagai pengganti Plex Home Theater, serta membenamkan Wavebox sebagai pengganti Thunderbird.

Tidak hanya itu, rilis ini juga menambahkan paket Discord, Vivaldi, Binreader, Filezilla, Firefox ESR (sebagai peramban utama), Ace Stream Player, projectm-pulseaudio, PulseAudio equalizer, TeamViewer 12, serta kernel 4.4.0-101-generic. Selain pada paket aplikasi, pembaruan juga dapat ditemukan pada skrip cron Auto-Update yang kini berjalan sehari sekali serta skrip Plex Update untuk menyederhanakan proses pembaruan Plex Media Server.

Sejak Ubuntu 16.04, Antoni Norman tidak menyukai arah pengembangan Ubuntu sehingga Pinguy OS tetap bertahan pada versi 14.04 Trusty Tahr. Namun untuk selanjutnya ia akan memutakhirkannya dengan basis Ubuntu 18.04 LTS, melewati 16.04, 16.10, 17.04, dan 17.10.

Walaupun berupa Personal Build, Antoni Norman tetap membagikan ISO Pinguy OS via tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top