Berita

Untuk Menarik Investor Luar, Canonical Rumahkan Karyawan dan Pangkas Sejumlah Proyek

Mark Shuttleworth

Mark Shuttleworth, pendiri Canonical

Perusahaan di balik Ubuntu, Canonical, segera berbenah. Hal ini menyusul penghentian pengembangan Unity 8 yang Kabar Linux laporkan kemarin.

Canonical merumahkan sekitar separuh tim Unity 8 dan mengalihkan sisa tim ke divisi lain. Dilansir The Register, pemotongan jumlah staf (karyawan) ini sangat penting, untuk menarik investor luar yang lebih banyak. Para investor menganggap, selama ini Canonical kelebihan staf dan cukup banyak proyek yang justru kurang diperhatikan.

Kemungkinan besar, divisi lain juga akan mengalami pemangkasan staf hingga 60%, mengingat Canonical semakin kehilangan keuntungan dan terus merugi di proyek-proyek teknologi yang mereka kembangkan.

Namun, bukan berarti Canonical kehilangan arah. Canonical akan lebih fokus di bidang keamanan, IoT, dan awan (cloud), terutama di posisi support dan konsultan, sehingga mereka akan menambah staf di divisi-divisi ini.

Canonical adalah perusahaan privat yang didirikan Mark Shuttleworth tahun 2004. Memiliki staf hampir 500 orang, tahun lalu ia merugi hingga 3,3 juta Euro.

Belum tahu bagaimana proyek Ubuntu desktop selanjutnya. Namun, seperti yang dikabarkan kemarin, mereka tetap akan mengembangkan distro sejuta umat ini. Skenario terbaik adalah pengguna tidak akan mendapatkan fitur-fitur “wah!” lagi dari Ubuntu.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top