Berita

Unity 8 dari UBports Beralih ke Wayland, Tetap Dukung Perangkat Mobile BQ

UBports

Mengikuti kabar mengejutkan dari Canonical yang menghentikan pengembangan Unity 8, Ubuntu phone (Ubuntu Touch) dan menyerah pada teknologi konvergensi (convergance), UBports justru optimis. Beberapa jam pasca berita tersebut, UBports mendeklarasikan diri untuk melanjutkan pengembangan Unity 8 dan Ubuntu Touch.

Lalu bagaimana rencana UBports dengan teknologi warisan Canonical ini?

Alih-alih menggunakan Mir, UBports akan mem-port Unity 8 ke Wayland. Untuk mendukung konvergensi, mereka akan memanfaatkan libhybris. Ide yang cerdas memang, karena UBports hanya akan fokus mengembangkan Unity 8 tanpa perlu repot-repot memelihara display server sendiri.

Fork ini berbanding terbalik dengan proyek Yunit (fork lain Unity 8) yang tetap mempertahankan Mir. Menurut UBports, sudah ada rencana untuk berkolaborasi dengan Yunit. “Kami sudah ngobrol dengan mereka (Yunit). Mereka ingin fokus pada desktop sedangkan kami lebih fokus ke mobile. Masing-masing proyek akan mendapatkan keuntungan dari proyek lain. Dua fork Unity 8 adalah hal yang tak masuk akal,” ucapnya.

UBports akan terus mendukung perangkat “lawas” BQ sebagai perangkat ofisial. Perangkat ini terus mendapatkan pembaruan setiap versi baru sistem operasi berhasil di-build. Beberapa perangkat yang dimaksud adalah BQ Aquarius E4.5, BQ Aquarius E5, dan BQ Aquarius M10/M10HD.

Untuk mengelola notifikasi server, UBports tetap menggunakan OpenID (Ubuntu One), tetapi dengan beberapa komponen server yang dihapus. Selain itu, mereka juga akan membangun infrastruktur toko daringnya sendiri sebagai penyedia paket .click, mengingat Open Store juga akan ditutup oleh Canonical.

[wp_ad_camp_1]

Di masa depan, Unity 8 dari UBports berpotensi bekerja sama dengan Mer dan Plasma Mobile. Mengenai nama “Unity 8” itu sendiri, kemungkinan besar UBports akan menggantinya. “Belum ada alasan untuk menggantinya, tetapi mengingat proyek kita trpisah dari Canonical, kita mungkin akan mengubahnya,” tambah mereka.

Informasi lengkap seputar ini bisa dilihat di artikel tanya jawab ubports.com.

Anda juga bisa melihat video diskusi di bawah ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top