Distro Ubuntu

Ubuntu Tambahkan Fitur Guest Session pada GDM di Versi 18.04 LTS

Satu kabar mengejutkan dari Ubuntu selain berpindah ke GNOME adalah perpindahannya ke GDM (GNOME Display Manager) dari display manager buatan mereka sendiri LightDM. Kemarin, Kabar Linux sudah menyinggungnya di sini.

Bagi pengguna akhir, perpindahan ini tak begitu kentara karena mayoritas fitur LightDM sudah ada di GDM. Namun, ada satu fitur mencolok yang—​saya yakin—​akan sangat dirindukan oleh pengguna yang tak akan ditemukan di GDM: Guest Session (Sesi Tamu).

Guest Session adalah fitur pada LightDM yang mengijinkan orang lain login ke desktop kita tanpa perlu menggunakan username sendiri/pinjaman. Jujur, ini merupakan salah satu fitur yang saya sukai dari display manager ini.

Untuk kasus ini, pengembang Ubuntu ternyata tidak menyerah. Mereka akan menambahkan dukungan guest session pada GDM yang akan melengkapi cita rasa Ubuntu seperti sebelumnya. Namun, Anda jangan berharap untuk melihatnya di Ubuntu 17.10 Artful Aardvark.

“Kami akan menambahkan dukungan guest session di GDM, meskipun mungkin tak selesai di 17.10, ia akan hadir di 18.04 LTS,” terang pengembang Ubuntu.

Jadi begitulah! Buat pengguna Ubuntu tak perlu kecewa karena walau beralih ke GDM, Ubuntu akan tetap mendukung guest session. Yaah, paling tidak pada bulan April 2018.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Ubuntu Tambahkan Fitur Guest Session pada GDM di Versi 18.04 LTS

  1. Ali says:

    Heh? Bukannya udah bisa dari dulu pake Guest? ane sendiri pake..

    1. Yang saya tahu, guest session di GDM bukan proyek upstream. Dulu, saat Ubuntu masih pakai GDM, pengguna bisa pakai gdm-guest-session, alternatif lain bisa pakai xguest. IMO, GDM di Ubuntu GNOME pun gak bisa pakai guest session.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top